by

Hoax Terbesar di 2014

 

Belum pernah seumur hidup saya melihat badai fitnah yang luar biasa gila seperti Pilpres 2014. Bahkan beberapa kawan yang saya anggap berpendidikan baik, termakan fitnah ini.

“Pilpres Curang!”, itu klaim yang sering digaungkan, padahal dari awal hingga akhir tidak terbukti adanya kecurangan yang massif. Adapun pelanggaran sporadis yang terjadi, umumnya bisa diselesaikan melalui mekanisme yang ada, baik melalui DKPP atau yang lain sesuai undang-undang. Dan kita beruntung dulu Kang Ainun dkk dengan KawalPemilunya berhasil menunjukkan bahwa kecurangan sistematis itu hanyalah mitos.

Hingga kini, tak jelas siapa yang membuat hoax jahanam ini, yang pasti saya melihatnya di situs simpatisan partai dan akun medsos dari seorang Netizen yang doktor (ia pun kemudian mengenyam bui untuk kasus yang lain).

Tidak ada permintaan maaf dari mereka yang ikut menyebarkan hoax ini, padahal yang terkena fitnah sangat sulit dihitung.

Nah, saya berharap Pilpres 2019 ini tidak ada drama hoax serupa. Yang nekad bikin dan nyebarin hoax semacam ini, saya katakan:

“Anda adalah musuh saya.”

 

(Sumber: facebook Muhammad Jawy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed