Hoax Suntik Insulin

ilustrasi

Oleh : Budi Santoso Purwokartiko

Seorang ibu2 yang sakit diabetes melakukan suntik insulin secara reguler untuk menjaga kadar darahnya. Tapi gara2 dinasehati seorang ibu tetangganya bahwa insulin itu haram, ia menghentikan pemakaian insulin. Nggak lama si ibu penderita ini harus cuci darah 2x seminggu.
Satu temannya lagi sesama penderita diabetes tidak menuruti nasehat ibu2 yang 'pemberani' tadi, tetap bisa bertahan tanpa cuci darah. Ia tetap suntik insulin.

Saya kurang paham bagaimana proses diabetes tidak diobati lalu menyerang ginjal. Tapi harap hati2 memberikan nasehat soal ilmu kesehatan jika tanpa pengetahuan yang cukup. Risikonya berat. Begitu juga bilang asuransi itu haram tapi nggak bisa beri jalan keluar jika tetangganya sakit dan nggak punya uang. 
Jangan karena mengejar pahala tapi orang lain jadi korban nasehatmu yang menyesatkan.

Jangan pula mudah terima nasehat dari orang yang tanpa ilmu, apalagi bawa2 halal haram. Pertimbangkan dulu manfaat dan kerugiannya yang akan Anda tanggung. Jangan mudah terbuai janji surga atau takut berlebihan terhadap ancaman neraka. Yang menasehati juga cuma menduga-duga.

Tidak cuma soal agama yang harus hati2, ilmu kedokteran, ilmu teknik, ilmu pertanian , kita juga harus hati2. Risikonya bisa nyawa manusia . Bisa kesehatannya rusak, jembatan ambrol, pesawat jatuh..dan banyak lagi. Ilmu pengetahuan dibangun atas dasar teori, eksperimen, survei, simulasi yang hati2 dan terukur. Kadang ada bantahan, koreksi dan revisi. Tidak bisa asal ngomong tanpa dasar atau pengetahuan yang cukup.
Ilmu pengetahuan alam adalah rekonstruksi atau reinvensi manusia atas sunatullah atau hukum alam.

Sumber : Status Facebook Budi Santoso Purwokartiko

Monday, July 8, 2019 - 09:30
Kategori Rubrik: