Hikmah Kekalahan Ahok Sekarang Terlihat

Ilustrasi

Oleh : Herry Tjahjono

Kita sebagai bangsa yang relijius selalu diajar untuk bersyukur dalam hidup. Bahkan sebuah penderitaan, kesusahan, kekalahan sekalipun patut disyukuri - sebab kita percaya ada sesuatu yang (lebih) baik terselip di baliknya. Saya pribadi belakangan 'mensyukuri" kekalahan Ahok - meski menyakitkan.

Dari kekalahan Ahok bangsa kita dicelikkan matanya (kecuali sebagian orang dan kelompok) - bahwa kemenangan / perebutan sebuah kekuasaan melalui SARA - khususnya politisasi agama - hanya menghasilkan 'kekalahan' lain yang lebih besar, penderitaan yang lebih pedih. Jakarta adalah contoh relatif sempurna untuk itu.

Dari kekalahan Ahok itu kita kini menjadi 'super' : waspada, siap, sepakat untuk tidak lagi membiarkan politik SARA atau politisasi agama dalam (khususnya) pilpres mendatang.

Tanpa kekalahan Ahok, kita tak pernah paham dan siap. Sampeyan bisa bayangkan jika pola kekalahan Ahok itu terjadi pada pilpres 2019 mendatang, terjadi pada Jokowi. Sampeyan berani bayangkan jika Jakarta hari ini terjadi pada Indonesia 2019 ke depan ?

Saya pribadi bergidik ngeri bahkan sekadar untuk membayangkannya...itu sebabnya saya bersyukur atas kekalahan Ahok...

-HT-

Sumber : Status Facebook Herry Tjahjono

Sunday, June 10, 2018 - 12:15
Kategori Rubrik: