Hikmah dari Wabah Corona

ilustrasi

Oleh : Aldira Maharani

Salah satu hikmah dari wabah corona adalah di rumah aja atau stay at home buat saya yang paling berasa adalah bisa terus berkumpul dengan keluarga dan menjalankan ibadah tepat waktu berjamaah bersama suami dan anak-anak.

Dan pagi ini baru merasakan udara sebersih dan seenak ini saat duduk serta menikmati pagi hari di halaman belakang rumah mulai banyak burung juga beterbangan. Nikmat banget rasanya.

Inget banget kalau biasanya rutinitas pekerjaan kadang begitu reminder saat mendengar adzan itu biasanya saya lagi di airport, lagi mengajar mahasiswa di kampus, lagi memandu para peserta di kelas training, lagi jadi pembicara mengisi seminar, lagi memimpin rapat di kantor dan berasa nanggung mau sholat.

Jadi berasa banget kalau ternyata salah satu cara Allah menguji kita tujuannya agar kita lebih dekat.

Tanpa disadari, ibadah adalah salah satu cara kita untuk membangun "Self Compassion" agar selalu merasa bahagia.

Mau tau apa sih self compassion itu? Berbaik hati dengan diri sendiri. Yuk belajar ambil hikmah dari mewabahnya virus corona. spread the positive vibes!

Tapi, stop kepanikan corona bukan berarti bisa liburan.

Stop kepanikan bukan berarti lengah dan keluyuran santai karena semata percaya Tuhan aja.

Stop kepanikan disini artinya, yuk mulai kita belajar moveon untuk ambil sisi positif apa sih yang bisa dilakukan selama social distancing ini?

Saya mau share nih, ternyata coba mengambil hikmah untuk stay di rumah saja sangat gak mudah buat saya yang biasanya terbang 3-4x seminggu bolak balik bandara. Ternyata, hikmahnya tuh banyak banget.

Saya bisa ngelakuin hal-hal yang selama ini gak sempat dilakuin karena baru ngeh kalau kemarin2 tuh overconnected, oversibuk, dan kalau gak segera disadari gawat bisa overthinking.

Alhamdulilaaah ya, ternyata meski corona ini sempet bikin panik, sedih, takut kedepannya gimana, tapi banyak hikmah yang bisa saya ambil.

Hikmah corona dan hal positif yang bisa saya ambil adalah waktu dimana saya mungkin lupa untuk mensyukuri hal sesederhana di hari itu.

Happy weekend semua. tetap sehat, produktif, semangat, selalu jaga kebersihan, dan semoga wabah ini segera berlalu.

Percayalah, Tuhan tidak menjanjikan langit selalu biru, bunga selalu mekar, mentari selalu bersinar. Tapi kita harus yakin, setelah badai akan ada pelangi yang indah.

Sumber : Status Facebook Aldira Maharani

Saturday, March 28, 2020 - 11:00
Kategori Rubrik: