Hikmah COVID 19 : Go Online

ilustrasi

Oleh : Ahmad Sarwat Lc MA

Sambil berdoa wabah segera berlalu, saya sudah mulai berpikir pasca semua ini akan ada beberapa perubahan cara berpikir kita ke depan. Selama ini cuma jadi pemikiran segellintir orang saja, tapi selama lokdon kita mengalami sendiri dan ternyata bisa-bisa saja.

1. Anggaran Rapat Pejabat

Kita jadi terbiasa rapat online dan ternyata mudah dan murah sekali. Jadi anggaran rapat tidak harus mahal, tidak harus pakai makan-makan segala. Meeting itu tidak kudu wajib musti harus di puncak, atau di hotel mewah, atau di luar kota. Para pejabat dan wakil rakyat sebenarnya bisa saja kalau mau hemat uang rakyat.

Dan kalau pakai ZOOM, semua rapat bisa direkam, didokumentasikan bahkan bisa juga dipublikasikan.

2. Anggaran Pendidikan

Dunia pendidikan sebenarnya juga bisa berbenah banyak. Sekolah dan kuliah ternyata juga tidak harus makan anggaran yang sebegitu besarnya. Sekolah itu ternyata tidak harus ada gedungnya, toh bisa diselenggarakan secara online.

Uang transport anak-anak dan guru pun bisa dihemat banyak. Murid juga tidak perlu uang jajan yang aneh-aneh, mau jajan apa lha wong sekolahnya dari rumah.

Kalau diteruskan, juga tidak perlu uang seragam yang begitu memberatkan orang tua. Juga tidak perlu tiap tahun beli buku cetakan yang sudah kerja sama dengan penerbit. Semua sudah ada aplikasinya, tinggal login saja.

Sekolah dan kuliah online macam ini bukan tidak ada, cuma kurang dikenal. Universitas Terbuka (UT) itu masih jalan lho. Home Schooling juga masih eksis. Cuma kurang tersosialisasi saja.

Catatan :

Untuk aplikasinya memang masih menggunakan generik dan belum spesifik.

Misalnya untuk rapat pejabat masih pakai ZOOM, webex dan lainnya. Ke depan bisa dikembangkan aplikasi yang memang khusus untuk birokrat. Jadi pak camat mau rapat sama semua pak lurah bawahannya tinggal pakai aplikasi itu. 24 jam mereka teronlinekan.

Misalnya sekolah dari rumah itu para guru masih pakai WA untuk komunikasi dengan wali murid. Nantinya bisa dikembangkan aplikasi belajar online yang khusus, kayak yang dipakai ojek online itu. Ada raport, nilai, dan macam-macam fasilitas lainnya. Rapat sekolah dengan wali murid bisa online pakai aplikasi itu.

Kita mulai menjadikan hidup ini lebih online.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Sunday, March 29, 2020 - 09:45
Kategori Rubrik: