Hati-Hati Hoax Sidang MK

ilustrasi
Oleh : Vinanda Febriani
 
Saya harap dulur fesbuk semuanya tidak menggunakan VPN (mungkin kecuali orang2 media/atau orang yang benar-benar sangat membutuhkannya). Bagi kita yang tidak berkepentingan (hanya untuk mainan sosmed saja) jika memang akses medsos WA dan IG dibatasi, jangan menghidupkan atau menggunakan VPN. Kita tunggu saja sampai Kominfo kembali menormalkan semuanya. 
 
Belajar dari pengalaman kemarin, betapa buanyak orang terhasut informasi palsu. Salah satu dari sekian korbannya adalah Polisi. Kantor Polisi dibakar, markasnya dibakar, ada provokasi menyebut polisi china dan lain sebagainya. Semua itu karena mudah beredarnya hoax di media sosial. Maka pemerintah membatasi akses media sosial supaya tidak menambah panas keadaan di Jakarta serta membatasi konten bernada hoax, provokasi dan penggiringan massa untuk berlaku rusuh. 
 
Oknum-oknum nakal (seperti salah satunya adalah saya) nekat menginstal VPN supaya dapat tetap lancar bermedia sosial. BTW selain bahaya jika menggunakan VPN abal-abal dan gratisan, VPN mungkin juga digunakan oleh sebagian massa ketika akses internet dilemahkan supaya jaringannya tetap kuat dalam menyebarkan konten adu-domba dan provokasi.
Saudaraku, mari kita dukung penuh MK dalam sidang penyelesaian gugatan pemilu 2019 ini supaya berjalan aman, damai, dan hasilnya dapat diterima seluruh kalangan (meski ini kelihatannya mustahil).
 
Jika akses internet dibatasi, mari kembali ke dunia nyata kita. Kembali kepada kebiasaan kita srawung sanak saudara (mumpung masih momentum Idul Fitri), srawung teman-teman kerja atau teman ngopi. Ajak mereka supaya jangan mudah terhasut dan terprovokasi berita-berita dari situs tak jelas yang hanya ingin membuat kerusuhan. Serukan pada mereka bahwa #kitainisama #kitasaudara #kitamenolakkerusuhan #kitacintaNKRI #damaiItuIndah 
 
Dari saya, anak kemarin sore yang #menolakkerusuhan kembali terjadi hari ini, besok, lusa dan selamanya di Indonesia.
 
________________
 
Sumber : Status Facebook Vinanda Febriani
Friday, June 14, 2019 - 10:15
Kategori Rubrik: