Hati-Hati Baca Tentang Suriah

Ilustrasi

Oleh : Zainudin Zein

Setiap negara yang ada warga negara beragama Islam, hampir dipastikan ada ulama yang berbeda pandangan dengan pemerintah, ada yang hanya diam, ada juga yang melakukan perlawanan politik.

Jika kemudian dalam melihat situasi negara tertentu hanya didasarkan pada cara pandang ulama yang melakukan oposisi, tentu gambaran umum yang disampaikan adalah hal yang buruk.

SEBAGAI contoh sederhana, melihat Indonesia jika yang dijadikan rujukan adalah ulama versi HTI, tentu mereka bilang di Indonesia umat Islam didzolimi. Atau contoh lain, rujukannya HRS, ia akan memberikan informasi yang tidak berimbang dengan kenyataan sesungguhnya. Apalagi sekarang beliau adalah pelarian politik.

Maka cara pandang sedikit ulama ini tidak dapat jadikan patokan dalam melihat kondisi yang sesungguhnya tentang situasi kondisi negara tertentu.

Di situ saya melihat kekurangcermatan UAS dalam melihat kondisi Suriah, ia hanya melihat Dan merujuk sumber yang sangat sedikit. TIDAK PULA melakukan penelitian sejarah kondisi Suriah sebelum dan sesudah konflik, lebih repot lagi ia tidak mau diajak tabayun dalam forum resmi.

Dengan demikian saya menduga, UAS tidak faham tentang Suriah, atau kalau tidak, Ia sedang melakukan gerakan politik, membela orang-orang yang seideologi dengannya.

SEMOGA dugaan saya tidak benar...

Sumber : Status Facebook Zainudin Zein

Tuesday, March 20, 2018 - 15:30
Kategori Rubrik: