Hasil Laut Indonesia Merajai Dunia

ilustrasi

Oleh : Wahyu Sutono

Upaya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menenggelamkan kapal asing pencari ikan ilegal di laut Nusantara memberikan dampak positif yang signifikan. Salah satunya menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil tuna dan lobster terbesar di dunia. Karenanya dalam waktu dekat, akan menenggelamkan 51 kapal.

Tak main-main, Indonesia kini menyumbang 16% dari produksi ikan tuna secara global. Nilai tangkapan per tahun pun sangat luar biasa, mencapai 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp71 triliun (kurs Rp14.200 per dollar AS). Itu belum terhitung hasil laut lainnya seperti halnya Tongkol, Cumi, Rumput Laut, dll.

Sebagai penghasil tuna terbesar, Indonesia menjadi pemasok utama pasar luar negeri seperti Jepang, Amerika, Uni Eropa, Korea, dan Hong Kong. Pasar terbesarnya adalah Amerika Serikat, yang mengonsumsi hampir setengah dari tangkapan tuna Indonesia, sebagian besarnya adalah ikan utuh atau fillet beku.

Ekspor tuna Indonesia ke Amerika melonjak 130% sejak 2014. Bahkan Jepang, yang identik dengan sushi sebagai makanan khasnya, telah mengimpor hampir seperempat tuna Indonesia tahun lalu. Mereka dapat memproses 35 ton ikan per hari, atau 5.000 ton per tahun.

"Bravo Bu Susi dan tenggelamkan semua kapal pencuri ikan. Jangan hiraukan kiri kanan"

Sumber : Status Facebook Wahyu Sutono

Sunday, May 5, 2019 - 11:00
Kategori Rubrik: