Harta Kekayaan Daripada Soeharto

Ilustrasi

Oleh : Riza Iqbal

Semakin jelas bahwa kekuatan Orde Baru akan bangkit. Mereka sudah tidak malu2 lagi mengkampanyekan keinginan untuk kembali berkuasa di negeri ini, caranyapun sangat tidak elegan. Mereka menceritakan keberhasilan semu dibalik penderitaan rakyat selama 32 thn.

Pelanggaran HAM ditutup rapat2, jumlah kekayaan alam Indonesia yg dikeruk keluarga Suharto, disembunyikan dibalik kampanye hoax Orba. Trah Cendana hanya menarasikan sebagian2 yg dianggap berhasil.

Jika ingin bertobat dan mau mensejahterakan rakyat, tanpa kekuasaan mereka harusnya mau mengembalikan harta kekayaan yg diperoleh secara ilegal selama Suharto berkuasa.

Menurut George J. Aditjondro, kekayaan Suharto sulit ditaksir secara pasti akan tetapi taksiran yang pernah ada yaitu sekitar US$ 15 Juta.
> Tesis Ph.D. Jeffrey Winters tahun 1991, 
US$ 40 Milyar (Newsweek, 26 Januari 1998).

Desember 1998, Jaksa Agung Andi M. Ghalib melakukan investigasi di tujuh yayasan yang dimiliki Soeharto seperti, Yayasan Dharmais, Dakab, Supersemar, Amal Bhakti Muslim Pancasila, Dana Mandiri, Gotong Royong, dan Trikora.

Dari hasil investigasi, yayasan2 itu disebut memiliki kekayaan senilai Rp4 triliun. Sementara Soeharto sendiri disebut mempunyai 72 rekening dengan nilai deposito sebesar Rp24 miliar, Rp23 miliar tersimpan di rekening BCA. Tak hanya itu, 400.000 hektare tanah juga diketahui dimiliki keluarga Cendana, baik bersertifikat atau tidak.

Menurut hasil inventarisasi BPN, Soeharto dan keluarganya memiliki lahan hampir disemua wilayah provinsi. Namun yang terinventarisir oleh BPN hanya seluas 114.008,80 hektare.
>> Majalah Tempo Edisi 04, Tahun 1998

Ini terjadi karena banyak lahan yang dikuasi penguasa orde baru itu tanpa melalui prosedur legal, mencaplok tanah warga tanpa proses jual beli seperti umumnya.

Ketika majalah Tempo melakukan investigasi, ternyata lahan yang dikuasai keluarga Cendana luas totalnya mencapai 3.615.200,40 Hektare. Itu tersebar dihampir seluruh pulau di Indonesia. Bandingkan dgn luas Propinsi Jabar itu 35.222,18 km2 atau 3.522.218 Hektare.

Itu adalah harta yg diwariskan kepada anak cucunya. Sementara rakyat cukup diwariskan utang negara sebesar US$ 171 Milyar.

Mau mempercayaken daripada kekuasaan kepada keluarga Cendana..??
Tidur aja bro..

Sumber : Status Facebook Riza Iqbal

Friday, November 16, 2018 - 17:45
Kategori Rubrik: