Harapan Netizen Pada Ketua Komite Pencegahan Korupsi (KPK) Jakarta

Ilustrasi
Oleh : Damar Wicaksono
 
Seperti kira tahu Gubernur DKI, Anies Baswedan baru saja melantik KPK Jakarta yang kepanjangannya adalah Komite Pencegahan Korupsi. Komite ini diharapkan dapat membuat terobosan, inovasi maupun langkah kongkrit supaya Jakarta bebas korupsi. Hal ini buksm berarrti banyak pejabat di DKI melakukan korupsi. KPK Jakarta merupakan salah satu bagian dari TGUPP, yang digaji dari APBD DKI.
 
Persoalannya bukan tentang efektifitas penekanan atau indeks korupsi di Jakarta paling tinggi melainkan upaya salah satunya membuat sistem yang menjadikan orang atau pejabat kesulitan korupsi. Di jaman Ahok, sistem e-budgeting sudah berjalan.
 
Komite ini beranggotakan 5 orang yang akan dibantu oleh tim sekretariat dan kemarin dilantik oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan. Yang membuat publik terkejut adalah masuknya Bambang Widjojanto sebagai koordinator. Padahal seperti kita tahu, paska dilantik polemik soal pernyataan gubernur dan wakil gubernur terus menerus terjadi. Yang terakhir perdebatan panjang mengenai PKL Tanah Abang. Terpilihnya Bambang membuat publik tak percaya bagaimana bisa seorang yang sangat toleran dan jujur masuk dalam TUGPP. Lembaga itu juga tengah disorot terkait pembiayaan honir tim yang ada di TUGPP.
 
Akhirnya, salah satu aktivis sosmed Damar Wicaksono yang kerap menulis analisis politik buka suara. Apa tulisannya? 
 

Anda adalah figur yang sangat dihormati warga bangsa. Termasuk kiprah Anda selama 3,5 tahun (dari harusnya 4 tahun) sebagai Waka KPK.

Hari ini Anda diumumkan sebagai salah satu dari 73 anggota TGUPP gubernur DKI, sebagai ketua komite pencegahan korupsi

73 orang pak BW.

Bagaimana jika Anda saja yang jadi gubernur Jakarta?

Kalo gubernurnya Anda.. 
Tiga puluhan Kepala SKPD itu pasti akan dimaksimalkan. Kalo ada yg jelek ya copot. Mosok nyari puluhan orang yg bagus ngga ada sih, dari 71rb PNS Pemprov? 

Kalo gubernurnya Anda.. 
Ngga perlu tuh 73 orang TGUPP, terutama harus menggaji Anda sampai 50jt.

Hampir sama ya ama gaji Anda sebagai Waka KPK. Atau lebih tinggi?

Sumber : Status Facebook Damar Wicaksono

Thursday, January 4, 2018 - 14:15
Kategori Rubrik: