Halusinasi Rico Qinoy

ilustrasi

Oleh : Muhammad Jawy

Dari awal saya sudah menduga tulisan Rico Qinoy ini halu, bukan hanya keliru. Ketika ada produser yang bekerja di TV yang sama, komen di threadnya, ia mengelak ketika ditanya siapa nama produser yang bertemu dengannya.

Tulisan halu itu sudah dishare ribuan kali, sangat viral, karena mereka yang tidak suka dengan QC, melahap habis informasi sesat ini.

Kemudian dua hari sesudahnya ia membuat klarifikasi, bahwa kejadian itu tidak benar, dan ia minta maaf, meskipun bahasanya masih ngeles.

Dan seperti biasa, klarifikasinya hanya dilihat sedikit orang, dishare sangat sedikit orang. Psikologi medsos itu memang yang disukai informasi yang bombastis, tak peduli itu hoax, dan orang cenderung tidak suka memperbaiki kekeliruan bahkan setelah tahu ia baru saja menyebar hoax, apalagi yang ngeyel.

THE DAMAGE HAS BEEN DONE

Nah kalau tulisan itu halu, terus ribuan yang ikut menyebarkannya itu apa? Lebih halu dari halu? Padahal saya lihat kemarin ada juga yang pendidikan tinggi.

Saya menyebutnya mereka ibarat pemamah hadits palsu, karena tidak peduli kualitas riwayat, informasi apa saja akan dimamahnya.

Seperti orang yang ketemu makanan tergeletak di pinggir jalan, tak peduli siapa yang buat, halal atau tidak, mereka akan langsung memamahnya, karena mereka suka rasanya.

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy
 
Tuesday, May 14, 2019 - 12:30
Kategori Rubrik: