Hal Sederhana yang Bisa Kita Lakukan di Tengah Krisis Corona

Oleh: Niken Satyawati

 

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu bangsa ini, di tengah krisis akibat pandemi global Covid-19. Abaikan sajalah para politisi yang malah sibuk manggung dengan memanfaatkan isu corona. Daripada menghabiskan energi untuk terus menghujat sana-sini, kita lakukan saja hal-hal kecil namun berguna, sesuai kemampuan dan kapasitas kita:

1. Indahkan imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah. Kalau bisa terapkan kerja dari rumah. Jaga anak-anak juga tetap di rumah. Bantu mereka menjalankan sistem sekolah daring. Jaga imunitas anggota kekuarga dengan memberi makanan bergizi serta vitamin.

 

2. Yang paham IT dan aktif di social media, sebarkan konten-konten edukatif dan mencerahkan. Saling mengingatkan agar tak menyebar hoax. Kalau bisa, ikut melakukan cek fakta karena banyak sekali hoax terkair Covid-19 ini. Bisa juga bantu menyampaikan informasi yang benar ketika ada hoax di depan mata.

3. Bantu sekitar memenuhi kebutuhan yang mendesak seperti masker dan hand sanitizer. Sebagai contoh, di tengah kelangkaan hand sanitizer, tetangga saya yang paham kimia, membuat sendiri hand sanitizer. Produknya dijual ke sekitar yang membutuhkan dengan harga wajar. Ada juga gudang alat kesehatan deket rumah, mereka membagikan hand sanitizer gratis ke warga selama tiga hari berturut-turut. 

4. Yang juga sangat terdampak adalah para pedagang kecil harian. Tukang mi ayam, cilok, bakso bakar, siomay dll yang biasa mangkal di kerumunan dan sekolah-sekolah. Mereka jadi sepi pembeli. Kalau tak ada penghasilan, mereka tak bisa makan. Kita bisa tetap beli dagangan mereka dengan tetap menerapkan prinsip social distancing. Untuk menghindari kontak langsung, bisa manfaatkan jasa ojek onlen buat pengirimannya. Agar babang ojek yang sepi order juga kecipratan rezeki. 

5. Kirim logistik dan bantu distribusinya ke lokasi-lokasi permukiman tempat saudara-saudara kita yang tak berdaya tinggal. Tujuannya agar mereka tetap berada di rumah. Tentu dengan tetap menerapkan social distancing.

6. Media, yuk kedepankan berita kisah-kisah kepahlawanan para tenaga medis yang telah bahu membahu menangani pasien Covid-19. Banyakin konten edukatif dan inspiratif. Jangan malah menangguk keuntungan dari musibah melalui judul-judul clickbait yang menciptakan kepanikan.

Bahu-membahu dengan semangat solidaritas, akan membuat bangsa ini selamat.

 

(Sumber: Facebook Niken Satyawati)

Wednesday, March 18, 2020 - 11:30
Kategori Rubrik: