Hakikat Masker

ilustrasi

Oleh : Rusdian Malik

Fungsi masker adalah melindungi pemakainya agar tak terhirup virus penyakit dan agar tidak menularkan juga ke orang lain kalau dia sedang sakit.

Itu di segi kesehatan. Adapun dalam segi sosial moral dan keagamaan hakikat masker lebih mendalam lagi. Sebagai penutup hidung dan mulut, masker mengajarkan agar manusia lebih banyak diem, jangan banyak omong, jangan selalu pengen mangap, mikir sebelum ngomong, menjaga lisannya dari kebanyakan bicara yg kerap tergelincir ke omongan sia-sia bahkan dosa jika sudah ada unsur ghibah, fitnah, mencela, dst.

Dari masker mengajarkan kita agar bisa bijak dlm bertutur kata, berhati-hati dlm bicara agar jangan sampai menyakiti perasaan orang lain.

Coba renungkan. Masker dipake itu sebagai rambu diri. Ada pengganjal mulut, jadi kalo mau bicara ya mikir dulu. Nanti kalau setiap insan yg maskeran sudah memaknai hakikatnya maka ada slogan "maskerku menyelamatkanku dan maskermu menyelamatkanku" pun hakikatnya adalah lisanku tak akan menyakiti hatimu, lisanmu pun harus dijaga pula jangan sampai menyakiti perasaanku.

Nanti, bermula dari masker yg hakikatnya menjaga lisan maka akan merembet ke masker mata, tangan, kaki, telinga, perut dan kemaluan yg itu adalah anggota tubuh yg kerap jadi sumber pemasukan dosa. Puncaknya, bukan cuma anggota tubuh yg dipakaikan hakikat masker tapi yg paling utama adalah masker hati. Hati yg dimaskeri agar jangan mudah berburuk sangka, jangan lekas marah, jangan cepat memvonis orang masuk neraka.

Subhanallah ini sudah ranah ceramah. Bisa saja saya menguraikankannya panjang lebar tapi kiranya cukup sekian saja. Tak etis bagi saya yg masih brengsek dan bajingan ini. Malu saya.

Kembali ke masker tadi. Jadi fungsinya ada berbagai macam yaitu untuk nutupi rongga hidung dan mulut agar tak terhirup benda asing, tak menularkan penyakit ke orang lain, buat sekedar penutup wajah aja biar gak mudah dikenalin orang, alternatif pengganti cadar, biar keren mirip Ninja, biar ingat agar jangan banyak bicara, juga sebagai pengingat diri agar bisa mengendalikan nafsu makan.

Sumber : Status Facebook Rusdian Malik

Tuesday, July 14, 2020 - 10:30
Kategori Rubrik: