Hakikat Kebahagiaan

ilustrasi

Oleh : Budi Santoso Purwokartiko

Saya selalu iri dengan teman2 yang rajin bekerja, tekun menyelesaikan masalah di lingkungan kerjanya, yang profesional bekerja. Iri juga dengan teman2 yang selalu meninggalkan kenangan baik pada tempat kerja atau lingkungan tempat tinggalnya. Juga iri pada mereka yang rajin membantu saudara,teman, masyarakat, institusi. Orang2 yang selalu membawa kebermanfaatan bagi sesama. Sungguh saya iri. Saya juga kagum dengan para pejabat yang kerja bagus, dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Mengapa saya nggak iri ke orang yang rajin beribadah ritual, rajin sholat, pinter kotbah, hafal quran, sering umroh atau para selebriti? Ini soal pemahaman dan keyakinan. 
Bagi saya itu lebih mudah dilakukan dan belum tentu punya efek bagi saya apalagi bermanfaat bagi lingkungan.
Hampir semua ritual saya lakukan bahkan sejak usia SMP: sholat malam, dhuha, puasa sunah,mengaji, umroh. Saya merenungkan adakah efek buat pribadi saya. Adakah manfaat buat orang2 sekeliling saya.
Jadi topik dosa-pahala, surga-neraka, bidadari, jidat hitam, celana cingkrang, kurang membuat greget bagi saya. Karena itu semua nggak membawa efek kebermanfaatan bagi sesama.

Ketika teman bertanya apa doa terbaik buat anak. Saya mencoba memberi jawaban yang realistis operasional. Bagi saya jawaban jadi anak sholeh, beriman, taqwa..itu terlalu general.
Maka saya bilang ke teman 
" kalau saya mendoakan anak saya , jadikan anak saya anak yang sehat, berguna bagi masyarakat banyak dan mandiri."

Begitu harapan saya sebagai orang tua. Saya akan bangga jika di hari tua tidak direpotkan ngurusi anak yang sudah dewasa, saya juga bahagia bila anak2 saya bermanfaat bagi orang lain, lingkungan dan masyarakat. Sesuai keirian saya ketika melihat teman2 yang jadi orang baik: bermanfaat bagi sesama.

Itu hakekat kebahagiaan tertinggi dalam hidup ini. Lagi, itu menurut saya. Yang lain2 semacam asesoris saja. Jadi tidak usah dibuat ribet.
Bagaimana menurut teman2?

Sumber : Status Fcebook Budi Santoso Purwokartiko

Monday, August 12, 2019 - 09:00
Kategori Rubrik: