H-6, Jembatan Sipait Pemalang di Jalur Pantura Bisa Dilalui Pemudik

REDAKSIINDONESIA-Jembatan Sipait yang menghubungkan Pemalang dengan Pekalongan di jalan nasional pantai utara (pantura) Jawa Tengah (Jateng) akan dibuka dan fungsional sementara pada H-6 lebaran atau 30 Juni 2016. Hal tersebut guna meningkatkan pelayanan dan memperlancar arus mudik di jalur pantura.

Saat ini pekerjaan jembatan yang terletak di Kabupaten Pekalongan tersebut dikerjakan 24 jam penuh guna memenuhi target fungsional tersebut. Nantinya pada H+10 pekerjaan jembatan akan kembali dilanjutkan.

"Hari Selasa kita cor lantainya sehingga kita H-6 bisa dibuka bisa dilalui,  selanjutnya pekerjaan akan kembali dilanjutkan pada H+10 setelah lebaran," tutur Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Jalan Nasional I Jateng BBPJN V Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Ya'foor Sulaiman saat ditemui di lokasi (24/6).

Diketahui bahwa jembatan tersebut dibongkar karena usia dan kemampuan jembatan untuk menahan beban sangat rendah. "Ini multi years mulai Agustus 2015 penggantian jembatannya karena yang lama jembatan sejak tahun 1977 tidak layak dan tidak mampu menahan beban. Satisfactor rendah. Kalau overload sangat mengkhawatirkan," katanya.

Jembatan yang menelan dana sebesar Rp 25,6 miliar dan memiliki panjang 90 meter ini rencananya akan rampung pengerjaannya pada bulan September 2016. Saat ini proses kontruksi sudah mencapai 60%. Bentang barat dan timur, kata Ya'foor, sudah dilakukan pengecora dan  saat ini tinggal yang bentang tengah saja.(pu.go.id) ** (ak)

Sunday, June 26, 2016 - 07:00
Kategori Rubrik: