by

Gus Yaqut dan Ansor

Meskipun tenggelam dalam hiruk pikuknya pilkada DKI, saya tidak lepas mengamati sepak terjang GP Ansor. Mereka ternyata bertarung dimana-mana, di hampir seluruh wilayah Indonesia, menghadang HTI & FPI.

Bahkan mereka sempat bentrok dengan kedua ormas berbahaya itu, tetapi tidak menjalar menjadi kerusuhan. GP Ansor dan Banser mampu menahan diri dan tangan mereka untuk tidak memukul lawan – yang notabene adalah saudara sebangsa mereka sendiri – meski saya tahu mereka sudah gatal untuk menghajar tindakan-tindakan arogan dari ormas2 itu.

GP Ansor juga yang memaksa pemerintah untuk membubarkan HTI. Jadi untuk yang memfitnah bahwa dengan pembubaran HTI Jokowi menjadi “musuh Islam”, kalian harus tahu bahwa pemerintah hanya mengeksekusi saja. GP Ansor yang berada di balik keputusan yang berani itu..

“Kenapa harus GP Ansor ?” Tanya seorang teman ketika saya menulis bahwa antivirus dari radikalisme yang dibawa ormas radikal itu adalah GP Ansor.

Saya menjawab, “GP Ansor adalah kumpulan anak muda militan yang terorganisir. Mereka satu komando dan berada di bawah bimbingan kiai sepuh NU. Kita tidak bisa melawan radikal2 itu dengan nasihat2 kiai sepuh NU, tidak mempan. Fight fire with fire…

Anak-anak muda di GP Ansor inilah calon penerus struktural di NU selanjutnya..”

Dan Gus Yaqut berada pada waktu dan tempat yang tepat memimpin GP Ansor ketika negara sangat membutuhkan kehadiran mereka.

Dalam pertemuan di satu tempat, saya melihat bahwa Gus Yaqut ternyata sangat ramah dan humoris dibalik pedas dan tegas statemennya saat berhadapan dengan ormas radikal.

Sambil ngopi dan ngudud bak kereta laju kencang – khas orang NU – kami bercerita banyak hal sambil mentertawakan dangkalnya pemikiran para sunbu pendek dan kaum bumi datar dalam memahami agamanya.

Jika Bung Karno berkata, “beri aku 10 pemuda, akan kuguncang dunia..” maka Gus Yaqut adalah salah satunya.

Saya harus angkat secangkir kopi untuk satu sosok ini..**

Sumber : facebook Denny Siregar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed