Gunung Es Yuyun

Oleh: Ditya Sibarani

Kasus-kasus kekerasan seksual pada anak faktanya seperti fenomena gunung es dimana kasus yang terjadi jauh lebih banyak daripada yang dilaporkan. Bisa jadi kasus yang ada justru lebih banyak daripada data yang ada

Data dari Komnas Perlindungan Anak menyebutkan kekerasan terhadap anak sejak lima tahun terakhir mencapai 21.689.987 kasus yang tersebar di 33 provinsi dan 202 kabupaten kota. Sebanyak 60 persen dari seluruh kasus kekerasan pada anak tersebut merupakan kekerasan seksual. pada Januari-Juni 2014 terdapat 1.039 kasus dengan jumlah korban sebanyak 1.896 anak yang didominasi 60 persen diantaranya dalam kasus kejahatan seksual. Menurut survey Komnas HAM, setiap hari sekitar 17 anak perempuan mengalami kekerasan seksual, terutama pemerkosaan.

Kekerasan seksual pada anak justru banyak di lakukan oleh orang terdekat : keluarga, teman, lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar. Kekerasan seksual bisa dilakukan di mana saja, tidak hanya di ruang privat tapi juga dilakukan di ruang publik spt rumah, sekolah, bahkan di tempat ibadah.

Yuyun 14 tahun, meninggal karena diperkosa oleh 14 remaja ketika pulang sekolah, jenasahnya kemudian di buang ke jurang - hanya satu dari korban kekerasan seksual pada anak di Indonesia. Yuyun bukan benda mati, dia adalah generasi muda negara ini yang tidak sempat meraih cita-citanya.Yuyun menggugah kepedulian kita akan kekerasan seksual pada anak yang kadang disepelekan oleh orangtua. 

Ini saatnya kita peduli...kita harus mulai perduli dengan apa yang sudah kita lakukan pada anak kita. Pendidikan seks apa yg sudah kita berikan kepada anak laki-laki kita supaya mereka tdk menciptakan Yuyun lain yang meninggal karena perkosaan, pendidikan seks apa yang sudah kita berikan kepada anak perempuan kita supaya dia tidak menjadi korban seperti Yuyun. Kita harus mulai peduli dengan tontonan dan lingkungan anak-anak kita. 
Ya, saatnya kita sebagai orangtua (belajar) untuk peduli..!!

 
(Sumber: Facebook Ditya Sibarani)
Tuesday, May 3, 2016 - 14:45
Kategori Rubrik: