Gibran Semakin di Depan

Oleh: Lantip Wicaksono

Nampaknya Gibran Rakabuming Raka yang bekerja keras turun ke masyarakat dalam 6 bulan terakhir mulai terlihat hasilnya. Hal ini terlihat dari hasil Soloraya Polling yang dirilis pada Selasa 23 Juni 2020 kemarin. Sementara pesaingnya yang merupakan calon yang diusung DPC PDIP Surakarta, Achmad Purnomo justru malah merosot.

Dalam paparan hasil survey tersebut pada medio Juli 2019, posisi elektabilitas Gibran masih di angka 13 persen. Kemudian pada Januari mulai terdongkrak di 40 persen serta pada bulan ini kembali terdongkrak menjadi 55 persen. 

 

Sedangkan pak Pur malah berkebalikan, pada Juli 2019 masih 38 persen dan sempat naik 46 persen pada Januari namun bulan ini merosot tajam ke 36 persen.

Hasil ini menggambarkan bahwa masyarakat Surakarta menginginkan calon yang mampu hadir ditengah-tengah mereka terutama saat ada wabah. Bukan hanya itu, seorang calon pemimpin harus senantiasa hadir dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Hadir sendiri tidak selalu harus berkontribusi secara materi namun minimal menangkap suara rakyat, problem masyarakat serta berupaya mencarikan solusi yang tepat.

Hasil Soloraya Polling ini juga mengindikasikan bahwa masyarakat menginginkan seorang pemimpin muda yang visioner, dinamis dalam bergerak maupun mampu menyerap apa yang disuarakan masyarakat. Pemimpin bukan hanya berdiam diri dalam ruang kantornya yang dingin dan kaku. Termasuk hanya membahas apa yang harus dilakukan tanpa melakukan kunjungan lapangan. Jika model pemimpin begitu, maka dimungkinkan keputusan yang dihasilkan bisa meleset karena tidak dikonfirmasi sendiri yang bersangkutan.

Meski Pilkada masih 6 bulan lagi, menaiknya elektabilitas Gibran tidak boleh membuat lengah pendukungnya. Justru tugas ini semakin berat karena harus mampu setidaknya mempertahankan elektabilitas yang sudah berhasil diraih. Tim Gibran tinggal menunggu siapa calon yang bakal muncul dan bisa jadi kuda hitam itu mampu mengakselerasi isu sehingga melakukan langkah-langkah strategis untuk mengejar elektabilitas yang telah diraih Gibran.

Tetapi setidaknya, bila diibaratkan balapan MotoGP pertarungan Gibran dengan Achmad Purnomo seperti jargon sebuah merk sepeda motor, Gibran Makin Di Depan.

Selamat dan tetap pertahankan

Thursday, June 25, 2020 - 22:00
Kategori Rubrik: