Gelegar Pernikahan Halilintar

ilustrasi

Oleh : Karto Bugel

Bila Prabowo saja secara khusus menyempatkan diri pulang dari Rusia demi hadir, itu pasti penting banget.

Bila rakyat sedang harus tiarap dalam hemat akibat terdampak krisis multi dimensi karena pandemi dan namun ada pernikahan super mewah secara benderang dipamerkan dan kemudian dihadiri Presiden, itu pasti sesuatu banget.

Bukan mereka berdua tak boleh hadir, kadang waktu dan tempat sebuah pertunjukan adalah cermin apa Itu solider.

"Loh dia kan Presiden semua rakyat Indonesia, masak hanya karena hadir di tempat orang kaya trus dibilang pilih-pilih? Kenapa solider selalu dimaknai datang pada mereka yang miskin saja?"

Karena sebab pandemi, sidang di Pengadilan pun diisyaratkan secara online. Seharusnya tak ada salahnya bila akad nikah juga dilakukan secara online bukan? Paling tidak, di sana ada pilihan kan bagi beliau bersyarat menjadi saksi?

Bahwa beliau berdua memilih hadir pada akad secara offline, itu pilihan. Bahwa kemudian kritik berhambur keluar,  itu tak boleh dibilang nyinyir.  Itu logis sebagai sebuah tanggapan.

"Kamu anti Jokowi ya?"

Dia Presiden kita. Presiden yang dipilih secara sah dan melalui cara yang sah pula. Wajib hukumnya kita bela dan dukung. Wajib pula kita kritisi mana yang menurut subyektif kita tak tepat.

Bagi saya, Jokowi hadir dalam akad nikah secara online adalah pilihan paling tepat. Tak ada yang berkurang sebagai "makna" bagi kedua mempelai. Saksi Itu tetap sosok nomor 1 Indonesia meski online.

Paling tidak, itu dapat dimaknai sebagai sebuah konsistensi. 

Kita bisa ngamuk pada hakim yang memenuhi permintaan rijik dalam sidang offline tapi bergeming sikap pada Presiden yang memenuhi akad nikah offline padahal sama-sama dalam masa pandemi.

"Bukankah Presiden mau karena syarat prokes benar-benar dilakukan?"

Selalu akan ada subyektifitas dari siapa pun termasuk mereka yang sangat tak suka bila presidennya di kritik. Demikian pula subyektifitas saya tak juga harus dibuat benar meski terdengar fair bukan?

Ini akan melahirkan sikap pro kontra. Akankah itu akan semenggelegar suara halilintar, tidak. Ini cuma pernikahan. Kebetulan saja yang menikah si Halilintar.
.
RAHAYU
.
Karto Bugel

Tuesday, April 6, 2021 - 10:00
Kategori Rubrik: