Gagapnya Felix Siauw Bicara Islam, Jihad dan NKRI

Ilustrasi

Oleh : Syaiful Anam

Jadi begini, Mas Felix.

Jika yang sampeyan maksud lisan ulama itu adalah fatwa jihad melawan Belanda -yang akhirnya menyulut pertempuran 10 November tahun 1945, itu baru logis dan aku setuju denganmu.

Hadratussyaikh KH Hasyim Ahsyari, pencetus resolusi jihad tersebut adalah tempat Presiden Sukarno berkonsultasi tentang keislaman. Mereka berdua di penghujung tahun 1930an pernah bertemu kata sepakat tentang konsep NKRI. Bahwa jika Indonesia merdeka kelak, lebih tepat jika konstitusinya berupa Darussalam (negara damai), bukan Darul Islam (negara Islam).

Darussalam adalah model paling tepat untuk NKRI karena dari Sabang sampai Merauke terdapat puluhan jenis etnis, ratusan jenis bahasa, dan banyak ragam agama. Setelah itu kesepakatan tersebut dibawa untuk disosialisasikan di muktamar NO (Nahdlatoel Oelama) di tahun berikutnya.

(* www.nu.or.id/…/setia-nkri-ketum-pbnu-tegaskan-rumusan-mukta… )

Itulah kenapa saat pasukan NICA datang ingin menguasai kembali Indonesia, KH Hasyim Ahsyari mengeluarkan fatwa jihad. Ada dalil dalam Islam yang menjelaskan wajib hukumnya untuk berjihad membela negara (biarpun sekuler) yang melindungi kebebasan umat muslim dalam menjalankan ibadahnya.

Lantas di seberang pulau lainnya, I Gusti Ngurah Rai bersama seluruh pasukannya memutuskan puputan (bertempur sampai mati hingga tak ada yang tersisa) Margarana, juga demi terjaganya NKRI. Kita semua tahu beliau semua bukanlah muslim.

Jadi kalau bicara tentang lisan ulama yang berkontribusi pada kemerdekaan Indonesia, ya resolusi jihad KH Hasyim Ahsyari itu tadi yang paling masuk akal secara fakta sejarah. Bukan fatwa dari orang seperti sampeyan, yang mendambakan kekhalifahan di NKRI.

Kalaupun di masa itu kaum kayak sampeyan sudah ada, entah pada ngumpet ke mana saat para muslim dan non muslim bersatu padu pasang badan melawan penjajah.

Gitu aja dulu, Mas Felix. Belajarlah sejarah dengan benar.

Sumber : Status Facebook Syaiful Anam

Sunday, November 5, 2017 - 13:15
Kategori Rubrik: