Gagal Faham Anies Tentang Amdal Lalin

Ilustrasi

Oleh : Andrian Kaifan

Nah, ini menarik ttg apa yg dikatakan Pak Anies: "ternyata 10 proyek infrastruktur (di Jakarta) tdk ada Amdal Lalulintas". Menarik bagi saya utk sedikit mengkaji nya krn kebetulan pernah 3 kali menggarap proyek andalalin (bukan amdal lalin spt yg Pak Anies sebutkan) di Gresik.

Apa yg disebutkan Pak Anies, menurut saya, ada benarnya dan juga ada salahnya. Adalah benar menurut PP 32/2011 pasal 47: "setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, permukiman, dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan wajib dilakukan andalalin". Disingkat andalalin BUKAN amdal lalin ya Pak. Dan tolong digarisbawahi pada frase SETIAP RENCANA.

Fokus saya ada pada perkataan Pak Anies: "Kemudian nanti dilaporkan kepada Dishub dan kepolisian, lalu untuk dilaksanakan. Sehingga jalan-jalan yang sekarang terkena proyek bisa diberikan alternatif-alternatif yang tepat, sehingga tidak menimbulkan masalah," tuturnya. Nah, jadi menurut Pak Anies, krn andalalin proyek tsb tak ada maka selama proyek dibangun menimbulkan kemacetan yg merugikan warga. Di sini KESALAHANNYA.

Andalalin itu dibuat sebelum proyek dilakukan. Tujuannya adalah agar pasca proyek selesai, lalulintas yg terkena dampak krn proyek tsb dpt dikelola. Semisal krn muncul tarikan baru menuju bangunan hasil proyek krn aksesnya langsung dari pinggir jalan arteri menyebabkan kemacetan baru pada titik keluar masuk bangunan dibangunlah jalan frontage yg sejajar jalan arteri shg manuever kendaraan keluar masuk bangunan bisa digeser.

Pak Anies mengira, andalalin itu juga mengakomodir dampak lalulintas saat proyek sdg dibangun, padahal tidak. Di sinilah salah besarnya. Aktivitas meminimalisir dampak lalulintas selama proyek dikerjakan namanya Traffic Management During Construction (TMDC) yg sifatnya temporary. TMDC juga berbentuk dokumen cetak biru. Sementara apa yg dimaksudkan oleh PP 32/2011 adalah andalalin yg sifatnya permanen utk dampak lalulintas yg terjadi pasca konstruksi dg memperkirakan besarnya dampak thd lalulintas berikut solusinya.

Minta pendapat.. Ahh.. ga tau saya siapa yg mau saya tag..

Sumber : Status Facebook Andrian Kaifan dengan judul  Andalalin VS TMDC

Thursday, November 2, 2017 - 17:15
Kategori Rubrik: