Foto Presiden Divaksin Viral di China

 
Oleh: Erizeli Bandaro
 
Bro, photo dan video presiden anda waktu divaksin, viral di China. Banyak komen dari nitizen China. Pujian kepada Jokowi justru menyindir pemeritah kami. Kenapa ? Sinovac bukan seperti Sinopharm Group Co Ltd, BUMN China. Sinovac perusahaan swasta yang didirikan oleh sarjana China. Walau Sinovac diikut sertakan dalam penggunaan secara terbatas untuk keperluan darurat di tiga kota di Provinsi Zhejiang, yakni Yiwu, Jiaxing, dan Shaoxing. Namun izin distribusi hanya diberikan kepada Sinopharm. Padahal jenis vaksin sama inactive virus. Pemerintah China sepertinya tidak suka dominasi swasta dan terlalu memberi banyak fasilitas kepada BUMN.
Tapi dengan viralnya video dan photo Jokowi di china, menyadarkan pemerintah China untuk bersikap bijak. Bahkan kesempatan itu digunakan oleh partai komunis untuk alat propaganda. “ Pemerintah China akan menjadikan Indonesia sebagai basis industri vaksin di Asia Tenggara. China sangat ingin melanjutkan penguatan kerja sama dengan Indonesia, mendukung upaya anti epidemi, dan bersama-sama mencukupi kebutuhan vaksin negara-negara berkembang dan negara-negara Islam dengan harga terjangkau”
 
Sikap itu disampaikan langsung oleh Menlu China Wang Yi . Wang Yi bukan hanya menlu tetapi dia juga adalah elite Partai komunis yang merupakan anggota dewan Pemerintahan China. Dia sangat powerful menentukan kebijakan untuk menggunakan sumber daya dalam negeri China untuk kerjasama international. Saya tanya teman saya di China, memang apa postingan rakyat China terhadap Photo dan video Jokowi? “ Bagaimana rasa hormat kita kepada pemimpin negara lain yang sangat percaya kepada ilmuwan kita ? kita perlu balajar nilai nilai kemanusiaan dari Jokowi, dengan melupakan barang sejenak soal bisnis dan politik” Demikian kata teman menyipulkan berbagai posting nitizen.
Itu sebabnya Ibu Retno terpilih sebagai ketua COVAX AMC ( Covid-19 Vaccines Advance Market Commitment). Lembaga ini dibentuk bulan Juni 2020 oleh 180 negara dan lembaga yang tergabung dalam fasilitas Covax. COVAX AMC diluncurkan oleh Gavi, aliansi vaksin global, untuk memastikan setiap negara bisa memperoleh vaksin Covid-19.
Di tengah krisis dan pandemi ini AS, Eropa, China, tidak tampil sebagai pemimpin yang menentramkan semua pihak. Pada moment ini, mata dunia tertuju kepada Indonesia. Kepempinan Jokowi bisa menjadi perekat nilai nilai kemanusian bagi negara maju untuk kepentingan umat manusia di planet bumi.
Saya tahu, Jokowi tidak ingin ini jadi citra politik. Tapi saya wajib sampaikan kepada rakyat untuk tahu. Bahwa bangsa kita sangat terhormat dimata dunia. Kasus gugatan UE di WTO akan kita menangkan dengan mudah. Trust kita sangat tinggi di mata dunia. Kita lead dalam mentrasformasikan dunia jadi lebih bijak dan ramah kepada nilai nilai kemanusiaan.
 
(Sumber: Facebook Diskusi dengan Babo)
Thursday, January 21, 2021 - 10:30
Kategori Rubrik: