Foto Menteri Basuki Pamer Jalan Raya

Oleh: Tomi Lebang

 

Jarang-jarang Pak Basuki Hadimuljono mau tampil berfoto dengan gaya berpamer begini: berdiri di tengah jalan yang lengang, tatapan lurus ke kamera, dan dua tangan teracung. Apalagi ia berbusana kerja dengan topi andalan berlambang kementerian. Ia lebih senang difoto selagi bermusik, saat menggebuk drum atau memetik gitar.

Saya menduga, Pak Basuki terlalu gembira. Jalan raya tempat ia berdiri ini adalah jalan lintas pantai selatan Jawa. Jalur Pansela.

 

 
 

Saya dan Anda tentu sering mendengar Jalur Pantura, jalan utama di pesisir pantai utara Jawa yang melewati lima provinsi sepanjang 1.316 kilometer, jalur yang begitu padat sebagai urat nadi perekonomian dan lalu-lalang kendaraan angkutan di pulau terpadat Indonesia.

Ini Jalur Pansela yang lebih panjang, 1.604 kilometer, membentang menyusuri garis tepi Pantai Selatan dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur. Jalur ini melewati tanjakan dan under-pass Nagreg dan Waduk Jatigede di Jawa Barat, dan seterusnya memasuki kampung halaman Pak SBY di Pacitan, sampai Banyuwangi di ujung timur Pulau Jawa.

Nah, foto Pak Basuki ini di Pacitan. Jalannya begitu mulus, membelah tebing dan berlatar gunung. Maklum, baru rampung tahun ini.

Pada musim mudik Lebaran nanti, jalan ini akan menjadi jalur pilihan selain Pantura bagi orang-orang kota yang hendak kembali ke udik, ke kampung halaman. Ini juga katanya akan jadi jalur wisata baru, yang menghidupkan daerah dan kawasan di sepanjang jalan.

Begitu gembiranya menengok jalan ini kemarin, Pak Basuki mau berpose ala media sosial ini.

Foto: Agus Suparto/Presidential Palace

(Sumber: Facebook Tomi Lebang)
Wednesday, April 4, 2018 - 17:30
Kategori Rubrik: