Fisik Manusia Makin Rentan

ilustrasi

Oleh : Budi Santoso Purwokartiko

Saat2 ini sedang musim dingin terutama di wilayah Jawa atau orang tua menyebut bediding. Kalau malam hingga pagi dingin, kalau siang sangat panas.

Saya ingat beberapa tahun lalu saat lebaran, rumah kami tinggal ke Klaten beberapa hari. Pas pulang ke Surabaya ikan2 Nila yang baru beberapa hari kami tebarkan di kolam mati semua. Padahal sama penjaga rumah sudah dikasih makan. Saya menduga karena tidak tahan hawa dingin. Sementara ikan Gurame atau Lele aman.
Di alam bebas mungkin ikan NIla lebih pandai beradaptasi. Hal yag sama pernah terjadi di rumah kakaku Bengkulu, kolam besar diisi lele yang dibeli dalam keadaan sudah besar lalu diterbarkan di kolam itu. beberapa hari tidak mau makan, dipancingpun tidak mau makan sama sekali.

Akhirnya lele-lele itu mati. Mungkin lele itu mengalami kekagetan pada lingkungan baru. Hal yang tidak pernah terpikirkan oleh manusia, bahwa binatang pun bisa stress.

Kini jumlah hewan yang dipiara makin banyak. Konon jumlah kucing piaraan jumlahnya lebih banyak dari kucing liar. Kucing2 piaraan makin tidak mandiri. Mereka akan sangat tergantung pada tuannya. Jika beberapa hari tidak dikasih makan, tetap saja menunggu di sekitar rumah untuk dikasih makanan. Jumlah kucing piaraan ini akan jadi masalah ke depan karena jumlahnya naik terus dan tidak ada pemagsa kucing. Kalau anjing masih ada yang membikin sate. kalau kucing setahu saya tidak ada pemakannya.

Species manusia memang jumlahnya lebih banyak. tetapi jika kucing2 itu dibiarkan hidup dan dirawat suatu saat bisa jadi masalah. Mereka akan berebut makanan dengan manusia.

Di rumah saya saja ada 10 ekor kucing. tetapi yang tiap hari saya kasih makan ada 3-4 kucing. Sementara anggota keluarga kami cuma 6. Di sekitar rumah berkeliaran kucing. Mereka mengandalkan makanan dari tempat sampah. memburu tikus pun sepertinya tidak mampu.

Tapi kata guru yoga terkenal Sadhguru dari India, jika manusia membutuhkan cinta, peliharalah anjing. Dikasihi atau tidak, anjing jika dipelihara dalam beberapa bulan akan menunjukkan cintanya pada tuannya. Luar biasa ya...(maaf saya sendiri belum mencobanya, tapi beberapa teman menceritakan itu).

Ular adalah binatang dgn sensitifitas tinggi. Dia nggak akan menggigit jika kita pegang tanpa niat mengancam. Ular tahu kondisi kita saat memegangnya. Untuk memproduksi bisa ular butuh ebergi besar. Dia hanya akan melakukan itu jika benar2 terancam. Konon bisa ular mengandung protein tinggi. Ular mampu merasakan jika suatu daerah akan terjadi gempa bahkan beberapa hari sebelum kejadian. Itu karena sensitivitasnya yg tinggi.
Manusia salah satu species di planet bumi diantara jutaan species. Manusia karena kemampuan otakny aberhasil menjadi species paling dominan di muka bumi ini. Semua species sepertinya harus tunduk kepada manusia. Seorang manusia mungkin kalah bertarung dengan harimau jika tanpa senjata. Tapi berkat akalnya manusia bisa mengalahkan makhluk lain. meskipun menghadapi virus yang kecil kita harus berjuang keras.

Manusia merasa dirinya besar dan paling tahu soal alam semesta. Manusia sering GR bahwa Tuhan hanya ngurusi manusia di planet bumi. padahal bumi ini seperti titik kecil dalam konteks alam semesta raya. Apalagi manusia itu sangat-sangat kecil dibanding ukuran bumi dan alam semesta raya. kita tidak tahu sama sekali bagaimana kondisi di planet2 lain yang jumlahnya kita juga belum tahu.

Menurut penelitian ilmiah, manusia muncul kira2 6 juta tahun lalu. Sementara agama dikenal kira2 5000 tahun lalu. Bagaimana manusia hidup antara tahun 6 juta-5995000 lalu?

Manusia dalam bentuknya yang sekarang adalah hasil evolusi dari jutaan tahun proses kehidupan. Mungkin sebenarnya lebih. Kita tidak tahu yang sebenarnya. Tapi sains memberi banyak petunjuk masa lalu dan ke depan. manusia di masa depan mungkin juga akan sangat berbeda dengan yang kita kenal sekarang.

Manusia dulu sehat2 karena banyak gerak dan sedikit makan. Tapi umur rata2 tidak lebih panjang karena penyakit infeksi, penyakit menular, malaria,atau karena parasit lain. tapi manusia dulu tidak terkena obesitas, diabetes atau jantung koroner. Manusia kini rata2 umurnya makin tinggi tapi jenis penyakit yang mematikannya berubah.
penyakit yang sekarang cenderung dibuat sendiri olah tubuh karena tidak mampu mengendalikan diri dalam hal makan dan kurang gerak. Artinya makin ke sini manusia makin dominan terhadap makhluk lain. Tetapi juga manusia semakin membuat hewan2 piaran tergantung.

Apakah ke depan dominasi manusia justru akan diganggu oleh hewan2 yang disayangi manusia?

Sumber : Status facebook Budi Santoso Purwokartiko

Sunday, August 2, 2020 - 13:15
Kategori Rubrik: