Finnaly Freeport dikuasai Indonesia

Oleh : Dermawan Bakri

Skema terbaik sudah dijalankan pemerintah. Lantas masih ada yg mencemooh.

1) Kenapa dengan hutang buat beli saham freeport
2) PT Inalum hutang untuk beli saham?
3) Saham Freeport kemahalan?
4) Kenapa kontrak freeport tdk dibiarkan habis 2021 dan tidak usah diperpanjang

Gini ya 
1) Pemerintah mengakuisisi freeport lewat Holding BUMN yaitu PT Inalum, holding tersebut punya cash reserve 20T. Sedangkan saham freeport yg harus dibeli total nya senilai 62T. Jadi sisanya harus dibeli lewat pinjaman yaitu bank.
Ini malah sangat bagus, daripada pemerintah harus merogoh kocek dari APBN. Dengan adanya skema pembayaran PT Inalum dibantu bank, APBN tidak terbebani dan meminimalisir defisit APBN.

2) PT Inalum punya hutang?
Iya memang, tapi hutang tersebut kan untuk beli saham freeport jadi sifatnya menambah aset. Dari aset tersebut muncul recurring income, dari recurring income itulah untuk menutup hutang dan bunga yg muncul dari hutang untuk beli saham freeport. Sekali lagi APBN tidak terbebani dan negara menambah aset yg luar biasa besar yaitu 51% saham freeport yang tadinya hanya 9,3%.

3) Saham freeport kemahalan?
Sekarang kita lihat dari hitungan Freeport indonesia itu berkontribusi terhadap pendapatan Freeport McMoran Inc sebesar 19% dari total pendapatan nya di seluruh dunia. Sedangkan kapitalisasi saham freeport mcmoran inc FCX di NYSE saat ini sekitar $ 25,24 B. Bila dihitung kurang lebih Freeport Indonesia senilai $4,78 B atau sekitar Rp 68,4T (19 % x $25,2 B). Jadi bila Pemerintah RI melalui PT Inalum harus menyiapkan Rp 60 T itu harga yg wajar dan bagus.

4) Kenapa tidak dibiarkan kontrak habis 2021? Ya sekarang kita lihat ke perjanjian memang akan kembali ke pemerintah RI, tapi yg kembali itu hanya hak konsesi lahan pertambangan nya. Sedangkan alat alat berat tambang dan HAKI pengelolaan nya akan kembali ke Freeport McMoran Inc. Otomatis ketika Freeport McMoran angkat kaki dari papua balik ke Amerika sana, kegiatan pertambangan akan terhenti, pengangguran akan muncul dan iklim bisnis di Papua akan terhenti. Masyarakat di Papua akan merasakan domino effect dari berhentinya kegiatan pertambangan dan ini tidak bagus bagi stabilitas Papua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Saya sih bersyukur, satu celupan jari saya di 2014 mampu mengembalikan Freeport ke pangkuan ibu pertiwi.

https://m.bareksa.com/…/freeport-indonesia-berko…/15887/news

https://www.bloomberg.com/quote/FCX:US

https://tirto.id/menteri-rini-inalum-dipinjami--5-miliar-un…

https://m.detik.com/…/jokowi-inalum-siap-caplok-saham-freep…

 

Sumber : facebook Dermawan Bakri

Friday, July 13, 2018 - 20:45
Kategori Rubrik: