Fenomena Pamer di Facebook

Oleh: Ummu Sa'ad Abi Waqhas

 
Facebook itu memang tempatnya pamer.
Pamer punya mobil, pamer punya rumah, pamer jalan-jalan, pamer makan-makan, pamer makanan, pamer pasangan, pamer apa aja dipamerin.
 
Lalu apa masalahnya?
Masalahnya, hati kita sebagai netizen yang kadang terlanjur kotor, hati kita yang kadang terlanjur suka suudzon.
 
 
Temen upload rumah barunya, ya dikasih selamat, doain bahagia. Bukan sibuk ketik bikin status gaje, baper..
" Nggak papa didunia hidup ngontrak, asal diakhirat dapat istana"
Yaelah, piknik lu kurang jauh ges.
Sesekali pikniklah kekebun binatang. Noh, binatang rumahnya cuma kandang doang, isinya ventilasi udara semua. Kagak pernah ngeluh dan nyinyir tuh.
Ya kali binatang mau minta tinggal diistana.
Mikiir...
 
Temen upload mobil barunya, saking bahagianya lalu pengen berbagi kebahagian di efbe. Ya kita ikut saja bahagia, berdoa dalam hati agar kita juga Allah mampukan kita punya.
Bukan malah bikin status tandingan.
"Harta tak dibawa mati"
Yaelah, sempit banget hati lu ges. Sini gue piting.
 
Temen pasang status jalan-jalan bareng keluarga. Ya kita ikut bahagia, doakan yang baik-baik. Karena doa baik akan berbalik kepada kita lagi bukan?
Bukan malah ngedumel dalam hati.
 "Gak menghargai perasaan orang lain, yang keluarganya berantakan"
Yaelah, mana tau orang akan urusan pribadimu ges..pites palanya.
 
Temen upload foto makanan, ya selow aja. Kalau kita pengen cukup doa khusyuk dalam hati.
"Ya Allah pengen makan ini ya Allah" sambil usap-usap tu foto dihape. Dijamin kenyang kagak, makin ngiler iya. Wkwkw..
Kagak usah bikin status saingan.
" Bijaklah menguplod foto, Masih banyak orang-orang yang kelaparan diluaran sana"
Yaelah, makin bocor hatimu ges.
 
Temen upload foto makanan bakulannya. Disuport ges, dilarisin kalau perlu. Jangan malah sirik aja bawaannya.
" Dih, foto dagangan mulu, bosen lihatnya"
Helloow!!! At least mereka berusaha memanfaatkan medsos utk menjemput rejeki dari Allah ges. Bukan yang gunakan medsos cuma buat nyinyir doang. Manfaat mana?
 
Temen jereng gamis segambreng. Berbagai macam model, berbagai macam motif. Motif macan tutul, hiu tutul, polkadot, macan panuan. Nah, sementara elu cuma punya 3 stel doang, itupun item semua. Ya kagak usah nyinyir juga, bikin status baperan.
" Hiduplah dengan zuhud, tidak usah berlebihan, semua ada hisabnya"
Ampun dije!
 Hei, tingkatan zuhud seseorang itu berbeda-beda. Kali temen yang ngejereng gamis segambreng itu bisa aja punya gamis setruk kontainer, tapi dia menyederhanakan jadi cuma beli yang dia jereng itu.
Iye kagak?
 
Masih suka bilang orang upload sesuatu di Efbe itu pamer?
Ye biarin aja, akun-akun dia, status-status dia. Kalau mau menasehati ya jangan dikomen, tapi inbox saja. Pelan-pelaaan, hati-hatii, takut pecah hati.
Atau lewatin aja statusnya, tutup mata, tutup efbenya, banting hapenya..wkwkw..
 
"Jadi jangan salahkan mereka yang suka pamer di efbe, salahkan hatimu yang bocor alus"
 
Haha..dipikir ban dalam motor?
 
Peringatan buat diri sendiri yang masih suka nyinyir dalam hati.. 
 
(Sumber: Facebook Ummu Sa'ad Abi Waqash)
Saturday, December 28, 2019 - 11:45
Kategori Rubrik: