Fasilitas Presiden Selama Kampanye

Oleh : Aldie El Kaezzar

Memang ada polemik soal ini, tapi KPU udah menyatakan bahwa sesuai undang-undang, penggunaan fasilitas terkait keamanan, kesehatan dan protokoler dikecualikan dari larangan.

Sebetulnya sederhana aja kalo mau mikir panjang dikit, ga usah banyak2.

Bayangin waktu Jokowi harus kampanye ke Maluku atau Papua hari Minggu tapi Senin udah harus di Sumatra ngecek proyek. Masa iya dia harus balik ke Jakarta dulu hari Minggu itu juga cuma untuk "nyamperin" pesawat kepresidenan? Bisa-bisa waktu cuti seharian abis buat PP naek pesawat doang. 

Jadi sebetulnya wajar banget kalo selama kampanye, petahana pake pesawat dan mobil kepresidenan. Apalagi kalo tiba2 ada urusan dadakan, jd bisa langsung capcus GPL ke TKP. Kaya misal kasus gempa ini, bisa langsung ke Palu tanpa harus balik ke Jkt dulu. Ngerti kan?

Tahun 2014 jg pernah ada isu yg sama, dan Bawaslu bilang SBY ga melanggar. Padahal waktu itu SBY bukan capres loh.

Oleh karena itu, Bawaslu tidak dapat menjerat SBY dengan pidana pemilu karena menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan partai.

"Di undang-undang ada itu, jadi kita tidak bisa menjeratnya. Jadi enggak masalah memang karena dia memiliki hak protokoler," kata dia.

SBY bertolak ke Lampung pada Rabu (26/3/2014) siang setelah menggelar rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta. Di Lampung, SBY berkampanye di hadapan ribuan kader dan simpatisan Partai Demokrat.

https://nasional.kompas.com/…/Bawaslu.Nyatakan.Presiden.Ber…
*****

"Enak banget dong presiden kalo nyapres?"

"Emang iya, makanya ada yg "rela" nyapres berkali2..." 

#JokowiLagi #IndonesiaMaju #KampanyeDama1

 

Sumber : facebook Aldie El Kaezzar

Monday, October 1, 2018 - 14:15
Kategori Rubrik: