Faktor Berpengaruh Pada Tren Penurunan Covid

ilustrasi
Oleh : Dr. dr.

, SpA(K)

Benar bahwa jumlah kasus dalam beberapa minggu terakhir menurun di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Penyebabnya bisa beragam dan tidak ada satu ahlipun berani menentukan faktor apa yang paling berperan, kecuali mungkin di tanah air.
1. Karena kasus terbesar ada di US maka jika jumlah penderita US menurun dampaknya pasti terasa di seluruh dunia. Demikian pula dengan India dan Brazil. Merekalah tiga besar kasus di dunia.
2. Seasonality adalah salah satu kemungkinan. Bisa saja kasus menurun karena persoalan musiman ini. Jangan lupa flu 1918 menghilang tanpa diketahui dengan pasti penyebabnya.
3. Banyak orang lebih disiplin dengan protokol kesehatan. Setelah setahun lebih, pasti cukup banyak orang merasakan sendiri efek Covid-19 dan karenanya bisa menjaga supaya protokol kesehatan dijalankan seoptimal mungkin. Yah, tentu tidak 100% orang, namun jika bisa banyak orang menjalankan maka pasti efek positif akan terasa.
4. Efek vaksinasi masal di beberapa lokasi mulai bisa dianalisis. Negara yang belum mulai atau baru sedikit melaksanakan vaksinasi ya tidak perlu jumawa dan tepuk dada karena efek vaksinasi di lokasi seperti demikian itu tentu belum signifikan. Di Israel jelas ada penurunan kasus pada kelompok yang divaksinasi namun tidak dikelompok yang belum divaksinasi. Israel sudah memvaksinasi 70% warganya sehingga data sudah memadai. Di rumah jompo di US pun jelas nampak penurunan yang sangat bermakna. Ini adalah kelompok yang hampir seluruhnya sudah disapu dengan vaksin. US telah memberikan sekitar 70 juta dosis vaksin, suatu jumlah yang sangat luar biasa.
5. Trace and test yang lebih masif. Tentu ini juga hanya bisa diarahkan pada negara yang memang melakukannya. Kebanyakan negara tidak dapat melakukan sesuai kriteria yang diinginkan WHO sehingga tidak bisa mengklaim hal yang serupa.
Semua faktor bahu membahu memberi arti positif. Masih ada sekitar kurang dari 10 negara yang masih menunjukkan grafik meningkat dalam hal jumlah penderita, memang, namun diharapkan mereka akan segera membaik minggu depan ini.
Sumber : Status Facebook Dr. dr.

, SpA(K)

Monday, March 1, 2021 - 09:00
Kategori Rubrik: