FaceApp

ilustrasi

Oleh : Ahmad Sarwat Lc MA

Aplikasi buatan Rusia ini sebenarnya sudah rada jadul, karena sudah ada sejak 2 tahun yang lalu. Entah kenapa kok tiba-tiba banyak orang aplot foto yang nampak lebih tua.

Oh iya, FaceApp adalah aplikasi edit foto berbasis AI (artificial intelligence) yang bisa 'memermak' foto selfie dengan sejumlah efek, termasu mengubah foto kamu menjadi lebih tua, anak-anak, pria, hingga wanita.

Sebagain teman ustadz ada yang langsung keluarkan fatwa HARAM. Alasannya karena mengubah ciptaan Allah. Yang lain bilang HARAM juga, karena sadaan li adz-dzariah alias untuk mencegah kejahatan.

Tapi teman ustadz yang lain bilang santai bro, gak usah kebakaran jenggot begitu. Ini kan cuma lucu-lucuan saja. Tidak ada kok yang dibilang mengubah ciptaan Allah. Lha wong yang diubah itu kan foto dan bukan wajahnya.

Malah dandanan make-up pas nikahan itu justru yang mengubah 'ciptaan' Allah, meski hanya sementara dan tidak permanen. Lha FaceApp ini cuma mengedit foto, ditambahi jenggot, kumis, alis, mungkin juga uban, plus asesoris seperti kaca mata atau kontak lens, bedak dan beragam efek artifisial (tiruan).

Wajah kita sendiri tetap sebagaimana aslinya, tidak ada yang berubah. Lalu kenapa harus jadi haram?

Saya sendiri tidak tertarik membahas secara hukum, biar mereka pada berdebat sendiri.

Yang jadi konsern saya, aplikasi ini bisa 'disalah-gunakan' atau dimanfaatkan. Misalnya kalau bingung istikhoroh menentukan pilihan calon istri atau calon suami. Nah, foto para calon pasangan bisa 'diterawang' pakai aplikasi ini dengan perkiraan masa depannya. hehe

Kira-kira calon bini gue 30 tahun lagi sepeyot apa ya? Atau dari tiga empat lima calon suami yang lagi bersaing mendapatkan diriku, yang lebih keren pas udah jadi aki-aki yang mana ya?

Jadi nanti ada lamaran yang ditolak, gara-gara diterawang pakai aplikasi ini, calonnya kok jelek banget kalau sudah tua nanti. Wakakak

Atau . . .

Bisa juga bermanfaat buat yang patah hati karena cinta ditolak bertepuk sebelah tangan, termasuk yang sakit hati sama mantan. Cukup ubah saja fotonya si dia menjadi sangat tua renta. Nah, bayangkan saja kalau si dia sudah tua nanti, bakalannya sejelek itu, sepeyot itu, full lemak, gelambir dan kulit muka pada turun. So, tidak terlalu harus diperjuangkan juga sih.

Ini bisa jadi hiburan, minimal mengurangi rasa sedih dari patah hati pada mantan. Asalkan hasil fotonya jangan dipublikasikan saja, ntar jadi panjang urusannya.

Hehehe . . .

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Tuesday, July 23, 2019 - 10:00
Kategori Rubrik: