by

Esemka Itu

Selain itu, dibutuhkan mesin press high performance untuk prosesnya. Karena mesin itu sangaaatt mahal, tidak semua pabrik industri manufactur memilikinya. Yg gw tau, di Indonesia hanya ada beberapa pabrik yg memiliki mesin tersebut dan tidak semua pabrik mobil punya. Banyak pabrik perakitan kendaraan menggunakan jasa vendor untuk membuat body part.

Jadi gk perlu nyinyir jika mobil Esemka bodynya mirip dengan mobil Cina. Bisa saja Esemka membeli Dies dari Cina untuk menekan biaya produksi.

Begitu juga mesin, ada banyak mobil menggunakan mesin yg sudah ada dipasaran industri otomotif. Proton menggunakan mesin Mitsubishi, Mazda pakai mesin Ford, Ssangyong pakai mesin Mercedes Benz, itu wajar dan lumrah di dunia otomotif.

Pada awalnya, Esemka menggunakan mesin Twincam 16 valve 4 silinder segaris 1500cc dengan sistem Multi Point Electronic Fuel Injection atau sering disingkat MPI EFI. Mesin type ini dulu digunakan Timor atau KIA Sephia.

Mesin tersebut digunakan karena saat proyek Esemka berjalan tahun 2009, PT Autocar Industri Komponen yg dulunya bernama Timor Putra Nasional milik Tommy Soeharto, menjadi mitra kerja proyek Esemka ini.

Jadi gitu ya dul, sebelum lu nyinyir sampai akhir khayat, pahami dulu gimana industri otomotif dunia dan industri otomotif dalam negeri. Bikin somay aja lo harus beli tepung dari warung, beli bumbu dari tukang sayur, ikannya mungkin nyolong dari empang tetangga.
Ribet kan?

Sumber : Status Facebook Riza Iqbal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed