Eropa Juga Siap dengan Vaksin

ilustrasi
Oleh : Arya Hadi Darmawan
European Commission President Ursula von der Leyen baru saja memastikan janji akan adanya tambahan 300 juta dosis vaksin Covid 19 yang akan disuplai oleh dua perusahaan besar di Eropa bagi 27 negara anggota European Union.
 
Pengadaan ini menjawab kritik betapa lambatnya proses vaksinasi berjalan di seluruh negara-negara Uni Eropa (terutama di Perancis, Jerman, Benelux yang sering diberitakan). Masalah yang dihadapi EU saat ini adalah stok vaksin yang amat-terbatas. Presiden EU menjawab pengadaan 300 juta dosis tersebut untuk mengamankan vaksinasi covid 19.
Faktanya semua masih harus menunggu realisasi dari produsen vaksin, di tengah-tengah kekhawatiran serangan covid 19 yang menguat terutama di Eropa.
Indonesia, bagaimana? Sejauh ini, dari media massa, dikhabarkan bahwa sudah ada deal antara Pemerintah RI dengan sejumlah produsen vaksin di Eropa, USA dan China untuk pengadaan hingga 350 jutaan dosis vaksin covid 19. Tetapi, kita pun belum tahu kapan pasti pengirimannya. Indonesia saat ini bertumpu pada 3 juta dosis yang sudah ada dari China (dari kebutuhan 360 jutaan dosis yang seharusnya ada). Seluruh dunia masih harus bersabar.
Kita harus memahami bahwa memproduksi vaksin tak semudah memproduksi pisang goreng.
Salam pagi.
Sumber : Status Facebook Arya Hadi Darmawan
Sunday, January 10, 2021 - 11:00
Kategori Rubrik: