Erdogan Bukber dengan Selebritis Transjender

REDAKSIINDONESIA-Beberapa jam setelah polisi antihuru-hara Turki membubarkan pawai kelompok LGBT di Istanbul, Presiden Recep Tayyip Erdogan menggelar buka puasa bersama salah seorang selebriti transjender paling terkenal di negeri itu.

Dalam foto yang disebarkan kantor kepresidenan Turki, Senin (20/6/2016), terlihat Erdogan ditemani istrinya duduk bersama dengan Bulent Ersoy, salah seorang selebriti tranjender Turki.

Ersoy (64), menjalani operasi ganti kelamin di London pada 1980-an. Dia lalu menjadi selebriti di Turki tetapi masih kerap mendapatkan pelecehan verbal maupun fisik di negeri kelahirannya itu.

Beberapa jam sebelum buka puasa bersama yang digelar pada Minggu (19/6/2016), polisi antihuru-hara Turki menembakkan gas air mata dan peluru karet untuk mencegah pawak kelompok LGBT di bulan Ramadhan.

Ratusan personel polisi mengepung Lapangan Maksim, di mana unjuk rasa di tempat itu dilarang sejak demonstrasi anti-pemerintah pada 2013, tempat ratusan anggota komunitas LGBT berkumpul.

Para pengunjuk rasa ini mengibarkan bendera pelangi, simbol komunitas LGBT, dan kemudian mencoba membacakan pernyataan tetapi dicegah oleh polisi.

Pemerintah kota Istanbul mengatakan, keputusan untuk melarang pawai tahunan yang dijadwalkan digelar pada 26 Juni mendatang adalah demi menjaga keamanan dan ketertiban.

 
(Berita/foto: Kompas.com)
Wednesday, June 22, 2016 - 10:45
Kategori Rubrik: