Ekses Isu Rasisme Papua

ilustrasi

Oleh : Muhammad Jawy

Kejadian rasis di Surabaya memang eksesnya kemana-mana, karenanya saya betul-betul mengecam oknum pelaku persekusi dan rasisme yang mengepung asrama mahasiswa Papua di Surabaya. Mereka layak mendapatkan hukuman berat, tidak peduli pelakunya siapa.

Namun yang menjadi masalah lain adalah mereka yang ikut mengompori masyarakat Papua, bersikap half truth, memilih informasi hanya yang bisa digunakan untuk membuat masyarakat Papua marah. Menjadi corong informasi kerusuhan dan korban, tetapi tidak pernah mendorong upaya damai. Karena mereka punya agenda untuk memisahkan Papua dari negeri Indonesia ini.

Kedua jenis ini sesunggguhnya adalah hama bagi masyarakat Papua, terlepas mereka menyebut dirinya sebagai apapun. Namun kita tak boleh berhenti disini.

Masalah Papua sangat multidimensi, tak akan ada satu solusi yang bisa menyelesaikan masalah disana. Sebagai korban represi Orde Baru yang amat meminggirkan mereka puluhan tahun, butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa menyembuhkan luka mereka.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan bersama:

1. Lawan oknum yang rasis terhadap saudara Papua kita.

2. Rangkul saudara Papua kita, dengarkan lebih banyak apa pendapat saudara Papua kita. Jangan kita merasa lebih tahu solusi untuk masalah mereka.

3. Lawan tindakan kekerasan kepada masyarakat sipil di bumi Papua.

4. Lindungi masyarakat Papua dari oknum elit pejabat yang selama ini banyak menghisap anggaran rakyat menjadi asset mewah di Jakarta dan kota lain. Penegakan tegas atas tindak pidana korupsi harus dilakukan supaya masyarakat Papua tidak menjadi korban karena kongkalikong oknum pejabat dan oknum pengusaha. KPK harus hadir disana.

5. Lindungi alam papua dari oknum pejabat/aparat, oknum korporasi yang ingin mengeksploitasi alam papua yang amat indah dan kaya ini.

6. Perkuat masyarakat Papua sehingga bisa lebih kuat dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan daerah dan mekanisme penggunaan anggaran. Bantu buat sistemnya, dan ajarkan kepada masyarakat Papua. (e.g. KawalAnggaran)

Kawan-kawan apakah ada masukan, usulan? Sangat ditunggu.

Saya berharap kita yang peduli dengan issue Papua bisa bergabung membentuk gerakan dari kita untuk Papua, baik melalui kampanye online maupun offline. Karena ini adalah issue bersama, tidak cukup hanya mengandalkan kepada pemerintah saja.

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy

Friday, August 30, 2019 - 10:15
Kategori Rubrik: