Dunia Manusia Penuh Kebohongan

ilustrasi

Oleh : Eddy Pranajaya

Dari waktu ke waktu manusia disuguhi dengan kebohongan dan kebohongan tiada habisnya. Dari masa ke masa ; dari generasi ke generasi ; dunia manusia penuh dengan kebohongan.

Kebohongan adalah sifat dasar manusia ; tidak seorang pun yang tidak pernah berbohong dimasa hidupnya. Tetapi uniknya kadangkala manusia merasa senang walaupun dibohongi. Dan si tukang bohong seakan tidak menyadari kalau dia telah berbohong.

Untuk tujuan menekan kebohongan maka diciptakanlah agama. Manusia berharap dengan adanya agama maka kebohongan manusia dapat dikurangi melalui iming-iming pahala dan surga apabila berbuat baik didalam hidupnya; dan hukuman mengerikan berupa terbakar didalam api yang tak kunjung padam apabila berbuat kejahatan dan kebohongan.

Namun yang terjadi justru diluar prediksi para pencipta agama. Justru dengan adanya agama, kebohongan malah semakin menjadi-jadi. Para pembohong lebih nyaman menyembunyikan kebohongannya dibalik nama agama yang katanya mengajarkan tentang kesucian. Sehingga walaupun telah melakukan kebohongan demi kebohongan akan tetap dianggap oleh orang lain sebagai orang suci .

Kebohongan demi kebohongan terus diteriakkan dengan lantang oleh mereka yang justru menyandang gelar pemuka agama diberbagai penjuru dunia. Karena memang kebohongan itu sendiri adalah senjata paling ampuh untuk mengelabuhi manusia lainnya. Dan kebohongan yang mereka teriakkan itu memang sejatinya adalah alat ampuh untuk menumpuk kekayaan duniawi.

Kebohongan tidak akan pernah bisa dihentikan dengan cara apapun dan melalui metode apapun, termasuk melalui agama ; kecuali melalui kesadaran kita sendiri untuk berlatih jujur didalam segala hal.

Semakin kita mengutuk kebohongan orang lain, akan semakin menjerumuskan kita kedalam kepahitan dan kekecewaan.

Semakin keras kita mencoba untuk merubah orang lain seperti keinginan kita, maka akan semakin dalam pula kekecewaan mendera hidup kita.

Adakah cara untuk mengurangi kebohongan didalam dunia manusia ... ???

Satu-satunya cara untuk mengurangi kebohongan didalam dunia manusia adalah dengan cara mendidik diri kita sendiri untuk tidak berbohong.

Kesadaran yang muncul dari dalam diri sendiri adalah satu-satunya cara untuk mengurangi kebohongan didalam dunia manusia. Dan itu hanya dapat dimulai dari dalam diri kita sendiri. Kalau kita mencobanya, setidaknya telah berkurang 1 orang pembohong didalam dunia manusia ketika kita sendiri tidak ikut berbohong.

Rahayu .

Sumber : Status Facebook Eddy Pranajaya

Saturday, September 21, 2019 - 12:30
Kategori Rubrik: