Dukung Hemat Anggaran Ala Bu Susi

Oleh: Amirsyah Amirsyah

Kalau Bu SMI jadi Wapres, Mungkin Bu Susi bisa jadi Menkeunya. Biar APBN bisa DISUSINISASI secara maksimal. Tidak ada lagi kegiatan inefisiensi yg memboroskan uang rakyat.
-----
Susi pernah mengembalikan dana dari ADB karena dana tersebut ditujukan untuk capacity building, yang menurut Susi, tak jelas maksudnya.

"Saya balikin uang ke ADB, ada capacity building. Saya nggak ngerti. Ya saya bilang ganti untuk apa, beli kapal, misalnya,"

"Selama 30 tahun saya di bisnis kemudian masuk di birokrasi banyak hal yang dalam sistem birokrasi yg saya anggap itu penyimpangan. Tapi karena itu ada dibungkus dalam bahasa birokrasi jadi tidak kelihatan.

Saya coba lebih transparan. Ini Susinisasi dilarangnya kata-kata bersayap, seperti pengembangan, optimalisasi, pemberdayaan. Kenapa? Saya pusing pas ngontrol anggaran. Misal mau berdayakan nelayan ya bilang saja mau beli jaring, beli kapal.

Susi sempat menyinggung soal program Anies Baswedan saat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Saat itu, Susi menyatakan dirinya pusing terhadap seminar yang bakal diselenggarakan Kemendikbud.

"Pengembangan, penguatan, rencana peningkatan kualitas training, ada seminar. Saya bilang ke Pak Anies waktu itu masih Mendikbud, 'Saya baca lu punya seminar pusing saya, apalagi isinya,'" ujar Susi.

 

Sumber : facebook Amirsyah Amirsyah

Friday, April 20, 2018 - 10:30
Kategori Rubrik: