Dua Tahun Jokowi: Bangun Ekonomi dari Pinggiran sampai Berantas Pungli

 

REDAKSIINDONESIA-Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) genap 2 tahun di 20 Oktober 2016. Sudah banyak pembangunan yang dilakukan selama dua tahun duet Jokowi-JK.

Menurut Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, pembangunan di era Jokowi-JK dimulai di daerah perbatasan, dari pinggiran. Bukan sebaliknya, membangun mulai dari tengah ke pinggir.

"Selama ini kita membangun dari tengah. Pemerintahan kita ini kan harus dikelilingi oleh sesuatu yang kuat. Artinya ancaman yang memerlukan banyak spektrum, perlu suatu pertahanan yang kuat yaitu dari pinggiran, di seluruh perbatasan di Indonesia," ujar Wiranto dalam acara Rembuk Nasional 2016, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (24/10/2016).

"Hampir seluruh infrastruktur di perbatasan diperbaiki. Pos-pos, gardu, jalan, listrik. Pos-pos bahkan bertingkat, lebih dari negara tetangga. Sehingga yang di perbatasan ada kebanggaan," lanjut Wiranto.

Selain itu, kata Wiranto, untuk bidang ada 13 paket kebijakan yang sudah dikeluarkan dan cukup ampuh menjaga angka pertumbuhan Indonesia di tengah lemahnya perekonomian dunia.

Yang paling terakhir dilakukan pemerintah adalah reformasi di bidang hukum. Bagaimana Jokowi memberikan perhatian yang serius agar masyarakat bebas dari pungutan liar (pungli).

"Oleh karena itu, istilah yang diluncurkan adalah sapu bersih (saber) pungli. Sapu bersih pungutan liar dari bumi Indonesia. Bukan hanya retorika. Sekarang sudah ada satgas pungli. Mudah-mudahan dengan seluruh dukungan rakyat Indonesia untuk membangun Indonesia yang lebih adil dan sejahtera dapat terwujud," katanya.(detik.com)**

Tuesday, October 25, 2016 - 11:15
Kategori Rubrik: