Doa untuk Ibu Pertiwi Indonesia

Oleh : Prof. Dr. KH M. Quraish Shihab

Ya Allah ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu yang telah menganugerahkan kami tanah air yang dilukiskan sebagai sekeping taman surga. Segala puji bagi-Mu yang menjadikan kami ber-Bhineka Tunggal Ika. Segala puji bagi-Mu yang telah menakdirkan kami bebas merdeka. Segala puji bagi-Mu yang menjadikan kami berpeluang memilih sendiri pemimpin yang kami rasa lebih dekat kepada kami dan kami pikir lebih mampu menanggulangi keluhan dan mewujudkan keinginan kami serta lebih bisa—atas bantuan-Mu Ya Allah—memberi rasa aman dan tenteram bagi kami dan anak cucu kami.

Ya Allah, peliharalah bangsa dan negara kami. Perkukuhlah persatuan dan kesatuan kami. Janganlah jadikan Pilpres ini benih perpecahan dendam kesumat, apalagi sengketa di antara kami. Ya Allah, jangan jatuhkan bencana atas bangsa kami karena ulah orang-orang picik dan jahil. Ya Allah, jangan sampai kebohongan dan fitnah menggerogoti kesatuan dan persatuan kami. Belenggulah daya dan tangan mereka yang menyebarkan fitnah dan bongkarlah kemunafikan dan kebohongan yang menyertai mereka, siapa pun mereka.

 

Ya Allah, kami semua lemah tanpa bantuan-Mu. Karena itu Ya Allah, turunkanlah para malaikat untuk mendukung, membentengi dan mengukuhkan jiwa kami sehingga tidak rayuan, tidak pula intimidasi dan ancaman dapat mengotori keikhlasan kami dan mengubah pilihan tulus kami.

Ya Allah, cegahlah siapa pun yang bermaksud memaksakan pilihannya, yang bukan kehendak kami. Anugerahi pula kami limpahan ganjaran karena pilihan kami yang tulus dan benar, dan jangan tidak memberi ganjaran saudara- saudara kami sebangsa yang telah memilih dengan tulus kendati pilihan mereka keliru.

Ya Allah, kami sepenuhnya sadar bahwa kekuasaan penuh berada dalam gengaman tangan-Mu. Engkau yang memberi kekuasaan bagi siapa yang Engkau kehendaki dan mencabut kekuasaan dari siapa yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa yang Engkau Kehendaki dan rendahkan siapa yang Engkau kehendaki. Dalam gengaman tangan-Mu segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, jika ketetapan dan izin-Mu menjadikan pasangan yang bukan pilihan kami sebagai Presiden dan wakil Presiden, maka bantulah kami menerima mereka dengan ketulusan hati dan kepatuhan untuk dipimpin, serta peliharalah mereka dari terjerumus dalam godaaan setan dan rayuan duniawi. Ya Allah, jika ketetapan dan restu-Mu mengarah kepada pasangan pilihan kami, maka bantulah mereka melaksanakan amanat serta dukunglah mereka dan dukung pula kami membantu mereka mewujudkan cita-cita Proklamasi.

Ya Allah, anugerahilah Capres dan Cawapres yang menang kemampuan mensyukuri kemenangan tanpa keangkuhan, dan bimbing pula mereka agar sukses memimpin bangsa dengan adil dan benar, tanpa membedakan pendukung dan yang tidak mendukungnya.

Ya Allah, anugerahi pula Capres dan Cawapres yang belum memperoleh kehormatan menjadi Presiden dan Wakil Presiden dalam Pilpres ini kemampuan menerima kekalahan secara kesatria, dan berilah mereka ganjaran berlipat ganda atas usaha dan niat tulus mereka untuk mengabdi. Bahkan anugerahi mereka peluang untuk mengabdi dalam tugas mulia yang seimbang di sisi-Mu dengan tugas Presiden dan Wakil Presiden. Akhirnya Ya Allah, jadikanlah kami semua hamba-hamba-Mu yang bersaudara.

Ya Allah, kami bermohon kepada-Mu terimalah dan kabulkan doa kami. Amin

Thursday, May 30, 2019 - 00:00
Kategori Rubrik: