DO Dari UI, Krimi Alias HDS Kembali Berulah Di Malaysia

Seorang dosen UI menyebut HDS terbukti telah memalsukan transkrip nilainya dengan mengganti nilai F menjadi A. Transkrip inilah yang diduga membuat HDS bisa bersekolah di negeri jiran.

Selain transkrip nilai yang diduga palsu, ada isu tak sedap lainnya terkait HDS di Malaysia. Dua rekannya di Universiti of Malaya menyebut HDS dikeluarkan dari salah satu klub mahasiswa karena mencatut nama dekannya sehingga diterima magang di sebuah bank.

Deretan Prestasi HDS

Di balik isu miring yang muncul, HDS di Malaysia banyak menorehkan prestasi. Dikutip dari Portal Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, pada Maret 2017, HDS tercatat memenangi anugerah Pelajar Berprestasi Tingkat Nasional di Malaysia.

Anugerah tersebut diumumkan oleh Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia di kampus Universiti Teknologi Malaysia, Johor. Berkat anugerah tersebut, HDS dihadiahi beasiswa penuh untuk program S2.

Di akun Linkedin, HDS juga memuat daftar prestasinya selama di Malaysia. konfirmasi ke temannya di Malaysia dan dia mengaku pernah mendengar tentang prestasi-prestasi itu.

Berikut daftar prestasi HDS yang dikutip dari Linkedin:

1. Peraih penghargaan dari Presiden Korea Selatan setelah memenangi kompetisi esai bertema “Korea Economic Outlook 2016: Student Perspective”. Esai HDS yang berjudul “Main Problems of South Korean Economy in 2016” kemudian diterbitkan dalam koran The Korea Times akhir tahun 2015.

2.Tahun 2016 terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam 2016 MIKTA-G20 Young Leaders yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri Korea Selatan di Gangwon.

3. Tahun 2016 terpilih untuk mengikuti program magang di Bank Negara Malaysia di Kuala Lumpur.

4. Delegasi terbaik dalam Indonesia-Malaysia Youth Forum (IYMF)2014 yang diadakan kedutaan Malaysia di Jakarta berkolaborasi dengan Bank Indonesia dan Universitas Padjadjaran.

5. Kontributor berprestasi di ASEAN Youth Dialogues 2014 dan Kedutaan Amerika Serikat di Kuala Lumpur.

Di Malaysia, HDS juga sempat menjadi wakil presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Malaya tahun 2014.

HDS Dikenal Baik oleh Teman-temannya

HDS sendiri dikenal baik oleh teman-temannya di Malaysia dan Indonesia.

“Orangnya baik, lemah lembut tutur kata. Dari segi akademik dia okay namun dari segi kehadiran di kelas agak kurang,” ungkap salah satu rekan HDS di Malaysia.

Namun, kata dia, ada sebagian dosen yang tidak mempermasalahkan jumlah kehadiran mahasiswa di kelas.

Di Indonesia, HDS juga dikenal baik dan pandai dalam bidang ekonomi oleh teman-temannya.

“Baik banget, ramah, dan humble gitu orangnya. Personally dia baik dan emang tidak ada masalah apa-apa sama dia, jadi we’re good,” sebut salah satu rekan HDS di Universitas Indonesia.

“Emang pinter ekonomi sih dari dulu, masyaallah. Baik juga orangnya kok,” tambah teman HDS lainnya.

Klarifikasi dari HDS

kumparan berusaha mengkonfirmasi isu yang berkembang kepada HDS. “Saya agak menyanyangkan tindakan dosen saya yang blow up masalah ini ke sosmed, sehingga banyak spekulasi dan info tidak akurat mengenai saya,” katanya lewat direct message di media sosial.

HDS akan mengirimkan pernyataan tertulis terkait perkara ini.

Sumber : Kumparan.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *