Dituduh Saracen, Abu Janda Tuntut Mark Zyckerberg Rp 1 Triliun

REDAKSIINDONESIA-Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda melayangkan surat somasi Rp 1 triliun kepada CEO Facebook Mark Zuckerberg atas tuduhan dirinya termasuk produsen fitnah Saracen.

Hal itu dilakukan Abu Janda yang didampingi lebih dari 10 kuasa hukum dari FMP Law Firm saat mendatangi perwakilan kantor Facebook di kawasan Gatot Subroto.

 

 

"Alasan saya karena katanya menurut temuan mereka, Page Abu Janda followers-nya 500 ribu bagian dari Saracen dan nama saya disebut jelas," kata Arya di Gedung Capital Place, Jumat, 8 Februari 2018.

Arya menyatakan somasi dilayangkan karena dirinya tidak terima dituduh menjadi bagian Saracen. Somasi ditegaskan tak semata-mata karena akun Facebooknya ditutup.

"Ini kami kasih waktu empat hari buat Facebook membersihkan nama saya dan mengembalikan akun saya yang di-banned. Kalau dalam empat hari tidak dibuat clear, serius kami akan gugat ke pengadilan materiil dan Kepolisian soal UU ITE," tuturnya.

Beberapa hal menjadi pertimbangannya sebelum melayangkan somasi Rp 1 triliun kepada Mark Zuckerberg, salah satunya adalah pencemaran nama baik.

"Tuduhan serius ini merugikan sekali. Menghancurkan nama saya, membuat saya kehilangan pekerjaan saya, dan tuduhan saracen ini serius bisa buat saya tersangkut hukum," ucap Permadi.

Permadi menceritakan bahwa tiba-tiba tanpa klarifikasi itu 1 Februari 2019, melalui pemberitaan internasional Facebook memberitakan bahwa FB page Abu Janda bagian saracen dan diblokir.

Sebelumnya, Facebook telah menghapus 207 halaman, 800 akun bodong, 546 grup, serta 208 akun Instagram yang diduga berkaitan dengan sindikat berita palsu, Saracen, Seluruhnya berasal dari Indonesia.

Beberapa akun yang dihapus adalah akun Permadi Arya, Kata Warga, Darknet ID, dan Berita Hari Ini.

Head of Cybersecurity Policy Nathaniel Gleicher, melalui keterangan resminya, menyatakan ratusan akun yang dihapus tersebut berhubung dengan sindikat Saracen.

Abu Janda meminta agar pihak Facebook cukup membuat rilis melalui Facebook News Room dan menegaskan Permadi Arya bukan bagian Saracen dan kemudian mengaktifkan kembali akunnya.

sumber:
https://m.cnnindonesia.com/…/dituduh-saracen-abu-janda-tunt…

 
 
Friday, February 8, 2019 - 23:00
Kategori Rubrik: