Disinfeksi Lingkungan, Lakukan Secara Benar

ilustrasi

Oleh : Alim

Landasan berpikirnya begini: (1) Virus Corona itu bisa menempel di permukaan benda selama beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada kondisi lingkungan; (2) Virus hancur dengan disinfektan dalam waktu singkat, tiap jenis disinfektan punya masa aktif tertentu dari beberapa menit hingga jam, dan selama itulah permukaan yang didisinfeksi aman dari virus. (3) Setelah disinfektan hilang/inaktif, lalu kena droplet lagi, maka ya bisa menularkan lagi

Dari sini sebenarnya sudah terbayang bagaimana disinfeksi lingkungan yang rasional dilakukan: obyek yang didisinfeksi apa, pakai apa, berapa kali atau kapan aja?

Obyek yang didisinfeksi adalah benda-benda yang amat sering dipegang manusia misalnya handle pintu, meja, kursi dan lainnya. ya mirip kita cuci gelas dan piring begitu lah.. itu kan hakekatnya disinfeksi. Secara lebih luas adalah lingkungan yang sering digunakan berkumpulnya manusia misalnya masjid, sekolah, kantor dll. Tapi kalau sekarang sudah ditutup ya sudah tidak masuk dalam kategori ini.

Saya merasa janggal saat ada tim disinfeksi nyemprot genting atau atap rumah. Untuk apa coba? Droplet kan nggak sampai sana, terbuka, kena panas dst. jelas itu irrasional.

Disinfektannya apa? yang paling sederhana dan mudah didapat adalah SABUN! Kapsul virus corona itu hancur dengan sabun atau deterjen. (ini termasuk bisa dipakai sebagai hand-sanitiser, dan sebetulnya tidak perlu panic-buying alkohol). Klorin (byclin) bisa, tapi kalau disemprot ke baju, ntar jadi polkadot. Ada yang menarik saya dapat dari BBTKLPP, yaitu campuran Cuka dan Air. Gampang sebetulnya.

Kapan didisinfeksi? Nah ini penting dijelaskan karena kita banyak yang euforia semprot disinfeksi tapi hanya dilakukan sekali terus udah. Mengingat landasan berpikir di atas, maka seharusnya kapan didisinfeksi itu tergantung pada seberapa sering tempat tersebut didatangi manusia dan seberapa lama kerja disinfektannya. Lama kerja disinfektannya ya tergantung zat apa yang kita pakai.

Dengan demikian, kalau cuma disemprot sekali lalu dipakai bergerombol banyak orang lagi, ya tempat itu tetap besar risiko untuk sebaran droplet di mana-mana. jadi perlu semprot lagi. (saya nulis ini sambil membayangkan pasar).

Untuk semprot permukaan tubuh orang yang perlu diperhatikan adalah zat yang efektif namun aman bagi tubuh. Ini perlu pemahaman mengenai jenis zat dan DOSIS.

Jadi kalau mau semprot/disinfeksi... mari lakukan secara rasional.

Sumber : Status Facebook Alim

Sunday, March 29, 2020 - 10:00
Kategori Rubrik: