by

Dilarang Misuh-Misuh

Oleh : Harun Iskandar

Ada di satu ruas jalan terusan jalan Transyogi menuju Mekarsari, di sisi kiri sedang dibangun mesjid. Cukup megah sepertinya.Salah satu sumber pendanaan, mungkin yang utama, dengan pungut dari para pengendara atau penumpang kendaraan bermotor yang lalu lalang.Di tengah jalan dipasang 2 buah drum. Untuk perlindungan. Ada 2 petugas yang sodorkan jaring ikan, berharap yang lewat lemparkan uang sodaqoh . . .

Jalan yang ndak begitu lebar. Jika dipakai 2 jalur dalam 2 arah sangat pas2an. Harus hati2. Dengan adanya drum ditengah apalagi. Kalau ndak ingin mobil baret kena drum. Harus amat super hati2 . . .

Kalau ada yg njaga agak lumayan. Ada mobil lewat, jaring ikan ditarik masuk. Ke dalam area yang terlindung drum. Lalu disodorkan lagi. Keluar masuk dengan cekatan. Tapi . . .Ada saat2 tertentu, ‘petugas’ capek. Mungkin karena kepanasan. Atau sedang makan, atau juga berteduh. Namun ‘nafsu’ kumpulkan sumbangan ndak reda, tetap menggebu-gebu.

Maka, jaring ikan diposisikan secara tetap, stand by, menjorok ke tengah jalan. Di tindih batu diatas drum. Agar orang yang hendak ‘nyawer’ gampang.

Akibatnya, jalur jalan yang sempit makin menyempit. Tambah pelan2 lagi arus jalanan. Tempo hari ada truk berhenti di satu sisi jalan. Kiri jalan. Tinggal satu lajur sempit. Dari 2 lajur, dipaksa jadi 1 lajur. Sebelah kanan ada jaring ikan saweran yang ready diatas drum. Ya sudah, kombinasi yang sempurna. Saya yang sopir kelas amatiran misuh2. Kita orang ber-macet2 ria, petugas ndak kelihatan. Mungkin malah istirahat sambil minum es degan . . .

Padahal misuhi orang katanya dosa. Apalagi pada panitia pembangunan ‘Rumah Tuhan’. Yang andai ketabrak dan mati, mesti syahid. Wong sedang berjihad mbangun mesjid.Jadi, mereka dapat pahala, karena mbangun mesjid. Saya berdosa karena misuh2. Dosanya jadi dobel, karena misuhi para ‘jihadis’ . . .Sungguh amat Juancuk-an, kan ?

Sumber : Status Facebook Harun Iskandar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed