Digitalk : Pasar Digital Lokal Rebut Peluang Global

ilustrasi

Oleh : Fuad Adi

Kata Bill Gate, "The Internet is becoming the town square for the global village of tomorrow". Dan terbukti melalui teknologi internet, hari ini kita serasa berada di satu kawasan yang saling terhubung satu sama lain.

Keterhubungan itu tidak hanya soal informasi. Melainkan juga keperluan industri. Berbagai layanan untuk konsumen pun terkoneksi dengan Internet, atau akrab disebut Internet of Thing (IoT).

Bagi pelaku usaha perkembangan ini merupakan berkah zaman. Sebuah data mengungkapkan bahwa pengguna internet Indonesia telah mencapai 171,2 juta orang dan 78 persennya melakukan transaksi online.

Angka itu tentu membuka peluang besar bagi UMKM. Sepeluh tahun lalu saya sendiri tidak terbayang bagaimana usaha rumahan di ujung sudut kampung bisa menemukan pelanggannya. Hari ini, dengan modal tempel aplikasi, ia bisa mendapatkan pelanggan tanpa harus bertemu siapa pelanggannya, tetapi terhubung dan mendapatkan untung.

Dengan skala yang lebih besar, melalui digital marketing, terbukti beberapa produk lokal Semarang bisa menembus pasar global.

Dari pengalaman dan membaca peluang yang ada, saya menilai tepat ketika Kementrian Kominfo RI, Pemerintah Kota Semarang, Kadin Kota Semarang, ISCB Kota Semarang dan Jogja menyelenggarakan event untuk UMKM bertajuk "DIGITALK: Pasar Digital Lokal Rebut Peluang Global", Kamis 13 Februari 2020 kemarin di Balaikota Semarang.

Terhadap era industri 4.0, Arnaz Agung Andarasmara melihat "sebenarnya itu wujud ekonomi gotong royong, di situ kita berkolaborasi, sharing resources, sharing economic. Maka yang terpenting adalah, kita mesti melek teknologi, fokus pada bisnis Anda dan meningkatkan kualitasnya". Ia juga berpesan, "jadilah konsumen pada produk Anda. Kalau mau usaha ingin laku, jadilah diri kita konsumen"

Dan sebagai moderator saya menutup acara tersebut dengan mengutip quote novelist Milan Kundera, "Business has only two functions – marketing and innovation.”

Sumber : Status Facebook Fuad Adi

Monday, February 17, 2020 - 08:15
Kategori Rubrik: