Dibohongi Rutin

ilustrasi

Oleh : Ahmad Sarwat

Dibohongin Yang Rutin

Orang awam kok nyemplung ke dalam pusaran arus yang dia nggak paham apa-apa. Bisa ditebak, akhirnya cuma jadi korban bulan-bulanan saja.

Udah bener jalannya di pengajian, belajar agama baik-baik, eh kok pakai belagak ngurusin yang nngaknggak. Kayak kurang kerjaan aja. Segala acara ikut bisnis ini lah dan demo itu lah, ributin ini lah, ada-ada saja ulahnya.

Malesnya itu pakai ngajak-ngajak jamaahnya pula untuk ikut-ikutan yang nggak-nggak itu. Namanya jamaah, diajakin ini dan itu, mau aja.

Alasannya amat klasik, jangan pisahkan Islam dengan ekonomi, jangan pisahkan Islam dengan ini, jangan pisahkan Islam dengan itu. Islam itu kaffah, mencakup semua aspek kehidupan dan bla bla.

Ujung-ujungnya cuma jadi korban penipuan dan dikecewakan. Tidak itu bisnis investasi, tidak itu MLM, tidak itu umroh, tidak itu bidang apa saja. Pokoknya selalu jelas alurnya, tokoh agama memanfaatkan jamaahnya masuk ke bidang-bidang yang bukan keahliannya. Kadang pakai bawa-bawa dalil Quran Sunnah, mungkin biar keren maksudnya.

Lalu akhirnya gagal, tertipu dan menyesal. Yang pasti malu besar.

Problematika kita ini memalukan sekali : dibohongin kok rutin?

Sumber : Ahmad Sarwat, Lc.MA

Tuesday, May 7, 2019 - 12:00
Kategori Rubrik: