Diary Survivor Corona Virus

ilustrasi

Oleh : Mimi Hilzah

Hai Tang berprofesi sebagai video maker. Istrinya Li Ting adalah seorang perawat di unit gawat darurat rumah sakit Wuhan yang kemudian terinfeksi virus corona di sela-sela tugasnya merawat pasien.

Mereka memutuskan menghadapi penyakit ini bersama dengan mengisolasi diri di rumah mereka. Mereka memiliki seorang putra yang diungsikan ke rumah kakek neneknya yang juga tidak diberitahu tentang keadaan Li Ting. Hai Tang berjanji akan menjemput anaknya nanti setelah pekerjaannya selesai, begitu kilahnya.

Hai Tang kemudian memfilmkan apa yang mereka jalani sebagai pengingat kelak bahwa mereka bisa menghadapi ujian ini dengan pikiran yang positif. Ia mengurus Li Ting dengan sangat cermat dan sabar. Menyemprot disinfektan setiap hari, berbelanja, memasak untuk Li Ting, membujuknya untuk tetap bertahan dan gembira. Satu minggu pertama awalnya sangat berat. Li Ting mengusir suaminya berkali-kali dari kamar, moodnya berubah-ubah tak menentu, suhu badannya bertahan di level yang menguatirkan, Hai Tang tak kuasa membujuknya ke rumah sakit. Hai Tang menganalogikan situasi mereka seperti sedang dalam peperangan tapi dengan musuh yang tak terlihat.

Hai Tang yang dengan tekun memantau perkembangan istrinya setiap hari, membuatkan catatan harian dan tertib mengenakan pakaian pelindung setiap masuk ke kamar istrinya. Bahkan di perayaan pernikahan mereka, Hai Tang menyiapkan bunga dan kue untuk istrinya walau mereka tidak bisa bersentuhan.

Di episode ke-5, terasa begitu sedih ketika Li Ting sampai di puncak stresnya menghadapi sakitnya dan ia tumpah menangis tersedu-sedu, tapi Hai Tang tak kuasa mendekat atau bahkan memeluknya.

Lalu di episode ke-11, setelah beberapa hari Li Ting akhirnya berhenti demam dan mulai membaik nafsu makannya, mereka pergi ke rumah sakit untuk mencari tahu apakah Li Ting sudah jauh membaik. Hasil tes lab mengatakan, kondisi Li Ting tidak membaik. Infeksi virus semakin menyebar.

Esoknya Li Ting harus tinggal di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan secara intensif. Li Ting bertanya kepada suami yang sangat sering dimarahinya; Apakah kau menyesal menikah denganku?

Hai Tang menjawab; Tidak. Aku tidak menyesal. Aku hanya menyesal tidak mengenalmu lebih awal.

Video mereka yang dirilis melalui akun youtube; ergeng, telah ditonton ratusan ribu kali dan mendapatkan respon dari banyak orang dari berbagai tempat di belahan bumi. Mereka yang berusaha menyemangati dan mendoakan hal-hal baik untuk pasangan ini. Dan bagi mereka yang terdampak wabah virus corona di Wuhan, video ini semacam penyemangat bahwa mereka pasti bisa berjuang sekuat-kuatnya.

Salah satu komentar menyentuh dari netijen;

"Saya belajar bagaimana menjadi seorang suami setelah menonton video ini..."

Jiayou, Wuhan!

Sumber : Status Facebook Mimi Hilzah

Friday, February 14, 2020 - 08:30
Kategori Rubrik: