Dialog Pendukung 01 Dan 02

ilustrasi

Oleh : Nia Labs 85

Wkt abis rakor SMA Jkt Bersatu tempo hari ma @⁨+62 857-8182-7136⁩ krn ga bw mobil sy pesan Grab dr sekt. Jl.Wijaya I/9D Jaksel menuju rmh.

Krn sdh malam, abis rakor msh rpt kecil dg Korwil Jaktim jd rasa capek sdh malas mau ngobro ma supir. Tp sang supir rupanya (mungkin 02) mulai nanya2, maklum krn jemput dpn sekrt dg baliho Jkw-MA yg gede banget 

Supir (Sp): 01 bu?
Saya (Sy): Iya dong (dg suara2 yg disemangat2in pdhal sdh capek banget)
Sp: Msh percaya bu ma 01?

Nah jawaban ini sdh bkn sewot sy dong, tp sumpah capek badan sdh ga tahan, mk sy jawab dg msh kalem
Sy : Ya iyalah kan sdh terbukti dia lbh baik

Nah, tnyata supir trus nyerocos jelek2in 01, macem2 dr mulai yg BPJS yg banyak masalah, TKA Cina, utang LN yg numpuk, sd anti agama.

Sebenernya, sy org yg biasa santai sabar jawab hal2 gini, makanan sehari2lah dr mulai ngadepin org awam biasa sd yg memuja HTI setengah mati. TAPI berhubung capek & lg malas bcr, sy terpaksa nyahutin sambil buka dompet ambil selembar uang Rp.100 rb. Dg sok msh sabar sy dg santai merespon
Sy : Bpk milih 02?
Sp : Ya bu
Sy : Alasannya?
Sp : KAYANYA lbh menyakinkan SIH bu, lbh TEGAS, lbh gagah, berani, juga KAYANYA menjanjikan Indonesia bs lbh ok
Sy : Kok kayanya pak? Kaya ga yakin? Harus yakin dong kalau milih (mata yg ngantuk mulai melek lg) Gini pak supir, kalau milih org hrs yakin dr diri sendiri, kalau pake kayanya anda tuh ga yakin
Sp : Sy yakin kok bu. Ibu sendiri yakin milih no.01 kenapa?

Wah mulai sewot juga, maka mengalirlah jawaban sy ttg prestasi2 Jkw sd duduk yg td lunglai mulai tegak trus sy tutup omongan sy dg pertanyaan sbb:
Sy : Jd pak, sy milih Jkw dg keyakinan, data & fakta, bukan pake katanya ya. Skrg sy mau tanya bpk, nih sy kasih hadiah 100rb tlg dlm 2 menit jawab pertanyaan sy APA SIH PRESTASI NO 2? Kalau bpk bs sebutin dg benar duit ini bpk ambil ya, kalau bpk bs jawab lbh dr 1 sy tambah lg duitnya (sy lgsg merogoh lg duit 2 lembar ratusan)

Sy mulai liat jam dr HP
Sy : Ayo pak, sy hitung 2 menit nih jawaban bpk, nih sy punya cuma 3 lbr seratusan, jawab 3 deh, sy kasih semua uang sy
Sp : Bentar bu, adalah pasti (mulai grogi)
Sy : Iya jawab ajalah
Sp : Prabowo lahir dr keluarga pinter bu
Sy : Ya ampun pak, itu mah bukan prestasi. Itu mah takdir, kitakan ga bs milih mau dilahirkan ma org tua kaya gmn atuh 
Sp : Ya dia punya pangkat tinggi di TNI
Sy : Eih kumaha atuh si bapak, dia blm jendral bintang 4, dipecat lg, trus dia bs tinggi pangkatnya juga ada faktor krn msh menantu Soeharto wkt itu pak. Itu bukan prestasi, jawaban bpk ga menyakinkan nih

Sang supir mulai salah tingkah banget
Sp : Ya apa dong bu, kan dia blm pernah jd presiden, susah nyarinya 
Sy : Jokowi juga dulu blm jd presiden, tp dia kan punya prestasi bagus jd walikota Solo, Gub DKI, banyak penghargaan sekelas internasional. Coba sebut lg, sdh mau 2 menit nih, bs ga jawab pertanyaan saya?
Sp : Wah susah bu... (mulai lemah suara si supir 02 ini)
Sy : Ini bukan pertama kali ya sy nantang org pemilih 02 dg pertanyaan spt ini. Sy heran blm ada yg bs jawab dg menyakinkan sy. Trus sy terus terang kasihan pemilih no.2 itu kecenderungannya cuma bs jelek2in Jkw. Kenapa ya pak? Coba sy mau tanya bpk

Sang supir terdiam dg menahan napas, lalu dg lirih dia jawab
Sp : Ya sy kan org awam bu, suka denger pengajian, juga baca dikit2 di Sosmed. Juga kita liat kan 212 aja segitu banyak orgnya, sy juga sekali ikutan bu. Ya itu aja sih bu
Sy : Lah bapak liat di jaman Jokowi ada kemajuan ga? 
Sp : Iya hrs diakui ada bu. Tp gmn dg sikap dia ma ulama bu? 
Kan banyak kriminalisasi ulama bu? 
Sy : Ulama mana yg dikriminalisasi pak? Coba kasih contoh
Sp : Ya itu habib R & Habib Smith

Sy menghela napas sebentar, kesel banget 
Sy : Gini ya pak, kalau istilah kriminalisasi itu kita menghukum org tanpa alasan. Kalau HR itu kabur bukan ditahan apalagi di penjara, krn Jokowi? Ya bukanlah, krn dia hrs hadapi belasan gugatan masyarakat, tmsk terakhir gugatan Firza pak, bukan Pizza ya tp F..I..R..Z..A (sy sengaja mengeja), dia ini perempuan pak. Nah dr semua gugatan ga ada dr pejabat apalagi Jokowi, ga ada sama sekali. Dg begitu bpk hrs paham bhw dia kabur itu krn dia ga gentle hadapi semua gugatan2 itu. Jd krn mmg ada indikasi melakukan tindakan kriminal. Mmg ada yg sdh digugurkan kasusnya krn tekanan, tp belasan gugatan lain msh dlm proses. Nah soal habib satunya ga ada urusan ma Jkw, dia ditahan krn menyiksa anak dibawah umur. Bpk sdh liat videonya? (supir menjawab lirih, iya bu) nah, ada ga itu hub dg Jokowi (supir blg ya ga bu) Jd pak, ada ga relevansinya bpk blg Jkw itu suka kriminalisasi ulama? Ga adakan? Ya ulama atau yg mengaku ulama itu mmg ada indikasi kuat sbg pelaku kriminal. Kita kan negara hukum pak, ga ada org bs kebal hukum skalipun ma org yg ngaku atau dianggap ulama. Betul begitu pak? Bs paham? (suara sy mulai meninggi ) skali lg, camkan baik2 ya pak, realitanya bgt, data & faktanya ada.
Sp : Iya ya bu

Melihat supir sdh mulai terpojok, sy pun bukan org buas suka memukul saat lawan lemah. Maka sy ingat refleksi tmn Syafiq Ali ttg perubahan sikap keagamaan dulu & skrg
Sy : Pak, ingat duku wkt kita kecil kalau pakai sarung peci, yg prmp pake kerudung saat mau ngaji atau kegiatan agama lain, rasanya mau bandel aja malu ya. Bener ga?
Sp : Iya bener bu
Sy : Dulu keagamaan kita gt ya. Guru ngaji itu kita hormati krn nasihat2nya adem, cerita2 banyak ttg teladan nabi, bener ga?
Sp : Bener bu, bener (mulai bersahabat nih suara si supir)
Sy : Nah bpk coba pikir deh, ada yg berubah suasana skrg dg dulu?
Sp : Sy ga paham bu
Sy : Gini ya pak, kalau jaman dulu org dg identitas keagamaan itu jd bs lbh santun, bs enak dengerin ceramah yg penuh nasihat, bkn kita adem. Skrg kok aneh buat sy, org pakai atribut keagamaan kok banyaknya caci maki, kafir2an org, kdg dtg ngeroyok org, mukul org dg teriak Allahuakbar segala? Kenapa? Ada ga crt nabi memberi contoh itu? Coba bpk cerita ke sy, ada ga nabi pernah kasih contoh spt itu?
Sp : Ya ga lah bu, nabi orgnya sabar, bahkan dicaci maki ma pengemis Yahudi yg buta aja dia tetap suka bantu bu.
Sy : Nah tuh bpk tau, syukur deh. Maksud sy itu lo kalau mau beragama juga liat2 ma ulama atau org2 yg ngaku ulama kelakuannya pak, sdh cocok ga ma teladan nabi? Jokowi gmn? Kira2 sikapnya hadapi cacian, hoax, fitnah apa dia serang org? 

Sp : Iya ya bu, Jkw sy akui sabar orgnya
Sy : Kalau ditanya siapa dia teladani ya pasti dia teladani nabi Muhammad pak, juga teladan nabi2 lain. Walau dia manusia biasa pak, dlm debat muncul juga dia kritik lawannya dg kasus kebohongan Ratna Sarumpaet, bener ga?Jkw itu juga org tegas pak, kalau ga tegas masa pembangunan di era skrg bagus? Kan pasti dia tegas shg menteri2nya patuh ma dia, bener ga? Jd skali lg jgn nilai Jkw tdk TEGAS ya 
Sp : Iya bu, sy jd baru paham nih. Abis sy kalau denger ustad2 kan bcrnya spt menyakinkan jd sy terkesima gt bu. 
Sy : Pake ayat2 ya pak
Sp : Iya bu, bener
Sy : Pak, sy juga pake ayat, baca An-Nashr aja pak Wal ashri itu bpk pahami artinya. Sy ga mau maksa bpk pindah pilihan, sholat Istiharoh aja pak tanya ma YME cari kebenaran Jkw itu siapa, biar bpk ga usah diintervensi siapa2. Kalau muncul jawaban 01 ya bpk cpt2 taubat aja ya pak, minta maaf ma Jkw ya ga susah2 pak, ga perlu cari dia tp bpk gunakan wkt bpk sd 17 April utk bs membersihkan nama Jkw yg banyak dihujat oleh org2 spt bpk yg menilai dia dg rasa prasangka yg buruk bukan dg tabbayun. Mulai skrg bpk hrs percaya diri, cr ulama yg lbh baik, yg ga mudah hujat org, punya kelakuan juga baik. Msh dominan ulama2 yg baik pak di Indonesia walau ga slalu mrk ada di Youtube, apalagi ulama mualaf yg suka jelek2in agama lamanya trus sok tau an Islam hujat sana hujat sini, jgn percaya deh. Kalau sdh sadar juga jgn jelek2in 02 ya pak, doakan aja dia lbh baik, kalau mau berkuasa juga jgn sd berani2 bohong, nakut2in rakyat pake blg Indonesia bubar 2030 kalau org ga milih dia. Mulai Jumat depan bpk usaha cari dimana paslon 01 ma 02 Jumatan ya, kali2 bpk kan bs ikutan liat mrk Jumatan dimana.

Sp : Bu bener ga kalau 02 itu.... (cepat2 sy potong supir bcr)
Sy : Pak sy ga suka gosip2in oeg, sy minta bpk cr informasi ttg Jumatan ini sendiri, cek mbah google kali jawaban ada disitu dr timses msg2 jadwal Jumatan mrk dimana ya. Pendukung Jkw mah ga suka gosip apalagi fitnah, sukanya percaya ma data & fakta, takut beneran ma resiko fitnah. Itu bedanya kita pak. Eh rmh sy sdh dekat, makasih & inget istiharoh aja ya pak, biar bpk ga usah diintervensi siapa2 tmsk sy, cuma yakin aja sy bpk pasti berubah. Percaya deh, coba dulu krn itukan ritual yg sdh ada dlm Islam.

Sp : Wah makasih ya bu sy sdh dpt masukan, maaf ya bu td sy tdk bermaksud debat ma ibu
Sy : Gapapa pak, pendukung Jkw mah sabar2, ga suka marah apalagi menghina. Debat jauh lbh baik drpd fitnah. Sdh ya pak, sy sdh nyampe, makasih sdh bkn sy ga ngantuk nih. Assalamu'alaikum!

Sy pun turun dr mobil, supir menyahut salam sy & dia membuka kaca jendela melambaikan tangan "Bu, makasih bu, sy seneng bu, jd mikir blm 2 menit nih sdh begini sy bu (supir menunjukan salam jempol, hehehe)

Sy pun melambaikan jempol, "Bagus, tp tetap sholat istiharoh pak biar mantap & segera taubat jgn jelek2in org baik, rugi kamu, rugi Indonesia. Bismillah Jkw skali lg!"

Sang supirpun berlalu, masuk rumah sy lgsg hilang capek, ada rasa terimakasih aja ma YME dikasih sabar ngadepin pendukung 02. Kita ga boleh cepat baperan, hadapi mrk dg tetap tetap sabar. Maka sy kasih supir bintang 5 dg comment dg #tetapJokowi

Dah gt aja, capek ngetiknya,

Sumber : Status Facebook Sulfas Erts Anto

Thursday, February 7, 2019 - 16:30
Kategori Rubrik: