Di Tangan Komjen Tito, Polri Menuju Era Keemasan

Oleh : Axtea 88

Tanggal 15 Juni 2016, Presiden Jokowi telah mengirimkan surat kepada DPR RI yang berisi pengajuan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun di bulan Juli 2016 ini. Alasan Jokowi memilih Komjen yang paling junior ini adalah karena Tito memiliki kecerdasan dan kemampuan membangun jaringan yang apik sehingga akan memudahkan Tito untuk melakukan reformasi internal kepolisian dengan baik. Selain itu Jokowi meyakini Tito mampu meningkatkan kualitas penegakan hukum, terutama dibidang kejahatan narkoba, terorisme dan korupsi.

 Sesuai dengan SOP Di DPR RI, Komisi III DPR melakukan Fit and Proper Test kepada Komjen Tito pada tanggal 23 Juni 2016.

Dalam uji kelayakan yang dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Susatyo, Tito memaparkan visi dan misinya sbb :

“Visi saya adalah terwujudnya Polri yang makin professional dan modern”, ujar Tito. Selain itu misinya adalah melanjutkan reformasi internal Polri dan mewujudkan organisasi dan postur Polri yang ideal dengan rincian sebagai berikut :

 1. Melanjutkan reformasi internal Polri

2. Mewujudkan organisasi dan postur Polri yang ideal dengan didukung sarana dan prasarana kepolisian yang modern.

3. Mewujudkan pemberdayaan kualitas sumber daya manusia Polri yang professional dan kompeten yang menjunjung etika dan HAM.

4. Meningkatkan kesejahteraan angora Polri.

5. Meningkatkan kualitas pelayanan prima dan kepercayaan publik.

 6. Meningkatkan pencegahan kejahatan dan deteksi dini berlandaskan prinsip pemolisian proaktif dan pemolisian yang berorientasi pada penyelesaian akar masalah.

7. Meningkatkan harkamtibnas dengan mengikutsertakan publik melalui sinergi polisional.

8. Mewujudkan penegakan hukum yang professional, berkeadilan dan menjunjung tinggi HAM dan anti KKN.

Setelah sehari sebelumnya para anggota Komisi III ini melakukan kunjungan ke rumah Dinas Komjen Tito dibilangan Ragunan, Pasar Minggu, akhirnya tanpa adanya hambatan berarti, Komisi III dengan suara bulat meloloskan Komjen Tito di Uji Kelayakan dan Kepatutan DPR, dan kemudian hasilnya akan dibahas dan diputuskan di Rapat Paripurna DPR RI yang akan digelar tanggal 27 Juni 2016 mendatang.

Kapolri Petahana Jenderal Badrodin Haiti, berharap Tito mampu membawa kepolisian lebih terdepan dan lebih baik, "Saya yakin pak Tito mampu melakukan itu", ujar Badrodin. Karena Tito adalah cerminan aparat penegak hukum yang masih muda sehingga memiliki banyak energi dan kemampuan yang ditunjang oleh kemampuan komunikasi, kepemimpinan, teknik dan skill yang baik yang telah teruji ketika menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya dimana masyarakat merasa tenang dan damai tanpa konflik yang berarti.

 Dengan visi dan misi yang jelas dan terukur seperti diatas, diharapkan dalam waktu yang relatif singkat Kepolisian bisa berubah wujud untuk menjadi polisi pengayom rakyat dan bukan polisi pemeras seperti yang dirasakan masyarakat selama ini. Dengan demikian bisa dimaknai bahwa Polri sedang menuju era keemasan Pasca lolosnya Komjen Tito dalam Fit and Proper Test DPR RI, berkat aksi terobosan berani nan cerdas Presiden Jokowi dalam menunjuk Komjen termuda Tito sebagai Calon Tunggal Kapolri. Selamat bertugas Komjen Tito. Good Luck! Sumber : 8 Visi Misi Tito Karnavian Bila Jadi Kapolri. ** (ak)

Sumber : kompasiana.com

 

Saturday, June 25, 2016 - 09:45
Kategori Rubrik: