Demokrasi

ilustrasi

Oleh : Marcus

Ada berbagai bentuk sistem kekuasaan di dunia ini. Salah satu yang paling populer adalah demokrasi. Tentu saja demokrasi bukan sistem yang sempurna, apalagi demokrasi yang dipraktikkan dewasa ini barangkali tidak memenuhi syarat-syarat pelaksanaan demokrasi seperti ketika sistem itu diaplikasikan di Yunani.

Pada jaman Yunani, demokrasi tidak berlaku bagi sembarang orang. Pertama-tama tentu saja demokrasi hanya berlaku pada warga negara. Bisa jadi penduduk suatu negara tidak menjadi warga negara. Sebagai contoh, pada jaman kuno kekaisaran Romawi mencakup wilayah yang sangat luas. Namun tidak semua orang yang berada dalam kekuasaan kekaisaran Romawi itu memiliki status sebagai warga negara Roma. Demikian pula halnya dengan di Yunani. Bisa saja ada penduduk negeri itu, tapi statusnya sebagai budak. Dengan demikian dia tidak memiliki hak sebagai warga negara dan berhak ikut serta dalam demokrasi itu.

Selain itu, kemungkinan masih ada berbagai sarat lain, misalnya suatu tingkat kecerdasan atau status sosial tertentu.

Dewasa ini, demokrasi dipraktikkan praktis hanya berdasarkan cacah jumlah saja. Artinya, nilai suara seorang yang jahat dan idiot dianggap setara dengan nilai seorang yang cerdas dan bermartabat. Peluang inilah yang digunakan oleh kelompok tertentu untuk menguasai suatu negara dengan cara memperbanyak jumlah anggota kelompoknya, antara lain dengan bikin anak sebanyak-banyaknya. Maka mereka juga mendukung poligami, supaya dapat memperbanyak jumlah anggota. Selain itu, mereka secara aktif berusaha merekrut orang-orang lain, bahasa agamanya "dakwah", sehingga jumlah mereka menjadi semakin banyak.

Sumber : Status facebook Marcus

 
 
Friday, June 26, 2020 - 09:15
Kategori Rubrik: