Demo Mahasiswa 2018, PKS Ulangi Momen Gulingkan Gus Dur

Ilustrasi

Oleh : Iwan Santoni

Unjukrasa KAMMI di depan istana 
Mahasiwa yang tergabung di dalam BEM SI dan KAMMI mulai turun ke jalan meneriakkan tuntutan turunkan Presiden Jokowi. Pada dasarkanya BEM SI dan KAMMI sama saja. BEM SI adalah aliansi organisasi intra-kampus yang dikuasai KAMMI sebagai organisasi ekstra-kampus.

Penggunaan BEM SI untuk aksi-aksi ekstra-parlementer seperti ini merupakan pengulangan upaya menggulingkan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Gerakan menggulingkan Gus Dur pada 2001 silam adalah kombinasi antara gerakan jalanan (KAMMI dan BEM SI) dengan gerakan dalam parlemen yang dimotori PKS dan PAN (Amien Rais).

Meski tidak memiliki afiliasi terbuka dengan PKS, pada dasarnya PKS ya KAMMI, begitu pun sebaliknya.

Sebelum menjadi PKS nama partai ini adalah Partai Keadilan. Tulang punggung pendirian Partai Keadilan adalah KAMMI.

Fahri Hamzah, Ketua KAMMI Pertama yang turut mendirikan dan menjadi dedengkot PKS

KAMMI adalah organisasi resmi mahasiswa sebagai wujud perkembangan gerakan tarbiyah pada 1998.

Gerakan Tarbiyah muncul pada era 1980an, dibawa masuk oleh sejumlah lulusan perguruan tinggi di Timur Tengah seperti Hilmy Aminuddin dan Salim Segaf Aljufri

Gerakan tarbiyah bergerak di atas dasar ideologi Ikhwanul Muslimin yang didirikan Hassan Al Bana di Mesir pada 1928.

Tujuan politik Ikhwanul Muslimin adalah merebut kekuasaan untuk mengubah negara menjadi negara Islam. Organisasi ini telah dilarang di sejumlah negara seperti Arab Saudi dan bahkan di negara asalnya, Mesir.

Memang tidak semua anggota KAMMI adalah anggota PKS. Hubungan KAMMI dan PKS bersifat semi-legal. Maksudnya PKS mempengaruhi garis politik KAMMI melalui pemimpin-pemimpin KAMMI yang dikenal sebagai KAMMI struktural.

Sumber : Status Facebook Iwan Santoni

Saturday, September 15, 2018 - 19:15
Kategori Rubrik: