Demam Jokowi Guncang Silicon Valley

Oleh : Axtea

Untuk mewujudkan visinya membuat Teknologi dan Ekonomi Digital dimasa mendatang, Presiden Jokowi menyambangi Silicon Valley pada tanggal 18 Februari 2016, dan bertemu dengan CEO Google dan CEO Facebook.

Saat berkunjung ke Silicon Valley, Jokowi mendapat pengawalan ketat dari Pemerintah Amerika ketika Jokowi dan rombongan dijaga oleh 50 polisi bermotor khusus, sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Amerika yang menganggap sosok Jokowi sebagai Orang Penting nan istimewa.

Dalam kunjungannya ke Markas Google, Jokowi disambut CEO Sundar Pichai yang bersama para staffnya berbusana batik sebagai bentuk penghormatan khusus kepada budaya Indonesia.

Sundar, merasa terhormat dikunjungi Jokowi dan menjanjikan pihak Google akan melatih 100 ribu developer Indonesia sebagai bagian dari kontribusi Google untuk mewujudkan visi Indonesaia menjadi pusat ekonomi digital di Asia Tenggara.

Untuk itu Google telah mencanangkan strategi sbb :

1. Bermitra dengan Perguruan Tinggi Google akan melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi untuk menjangkau mahasiswa ilmu computer di tahun terakhir dan menerapkan kurikulum selama satu semester mengenai cara mengembangkan aplikasi Android berkualitas tinggi.

2. Terjemahkan kursus Udacity kedalam bahasa Indonesia Hal ini diperlukan untuk menjangkau siapapun yang ingin membuat ide aplikasi dengan instruktur akhli Developer Relations Google, dan bisa diakses gratis dimana saja dan diperangkat apa saja.

3. Memperpanjang sesi Indonesia Android Academy Dalam hal ini Google akan menyediakan bimbingan bagi para pengembang pada semua tingkatan, yang akan diadakan di lima kota besar yakni : Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Melalui program2 tersebut, Google ingin memberikan sumbangsih dalam perubahan Indonesia menjadi Negara Digital yang dapat menciptakan ribuan wirausaha teknologi di masa mendatang.

Dalam kunjungannya ke markas Facebook, Jokowi disambut CEO Mark Zukerberg dan staffnya, yang menyampaikan perencanaan pembangunan 20 zona 4, serta meninjau lokasi OVR demo platform interaksi virtual. Dalam kesempatan itu Jokowi sempat bermain pingpong virtual.

Rupanya Demam Jokowi itu dirasakan oleh Silicon Valley dengan hangatnya sambutan dari para petinggi perusahaan teknologi besar didunia, yang dipastikan akan membantu Indonesia dalam program Nawacita untuk merubah Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang dihargai dimata dunia.

Sumber : Kompasiana

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *