Dear Kakanda Jokowi... (Tentang Pergantian Mendikbud)

Oleh: Arief Prihantoro

Sebagai junior anda di KAGAMA, ijinkan adinda memanggil anda Kakanda.

Kakanda... 
Menyikapi ribut-ribut wacana kebijakan Full Day School dan penghapusan sekolah gratis oleh saudara menteri Muhadjir, adinda sebetulnya tidak mau ikut trending topik membicarakan issue itu. Medsos terlalu berisik jika semua netizen ikut2an membahas topik tersebut. Sampai saat ini adinda memilih tidak ikut2an membahasnya. Entah kalau nanti.

Kakanda Jokowi yang adinda sayangi...
Adinda lebih tertarik untuk mencari jawab atas rasa penasaran adinda. Selama ini adinda tidak pernah mempersoalkan kenapa Kakanda mengganti adinda kita, Anies Baswedan Ph.D. Sungguh adinda tidak pernah mempersoalkannya, jika kakanda menilai adinda Anies Baswedantidak perform selama dia menjabat menjadi Mendiknas.

Yang akhir-akhir ini membuat adinda penasaran, kenapa kakanda harus mempermalukan adinda Anies Baswedan dengan menempatkan penggantinya seseorang yg visi dan misinya tentang dunia pendidikan sulit dipahami oleh kalangan pendidik maupun orang tua siswa kita ? Apakah adinda Anies kurang visioner di bidang pendidikan dibanding saudara penggantinya, sehingga kakanda menggantikan adinda Anies dengan beliau ? Atau mungkin kakanda sedang menghukum adinda kita Anies dengan cara mempermalukannya, seolah-olah kakanda ingin mengatakan : "Hai dinda Anies.... visimu tentang dunia pendidikan di Indonesia terlalu dangkal dan performance adinda tidak memuaskan kakandamu ini. Lebih baik sekalian kanda gantikan kamu dengan tokoh politisi pendidikan yg tidak lebih baik dari kamu, agar kamu mau bercermin dan memperbaiki pemikiranmu di dunia pendidikan. Tunggulah penggantimu akan menunjukkan wacana-wacana yang lucu-lucu tentang konsep pengembangan dunia pendidikan di Indonesia, agar kamu mau belajar dari kesalahanmu adinda. Adinda Anies... Kakanda telah menemukan seorang tokoh politisi pendidikan yang sungguh-sungguh lucu. Lihatlah sendiri nanti".

Mungkin itu hanya prasangka adindamu ini kanda. Adinda sungguh penasaran dengan penggantian itu. Agar rasa penasaran adinda mendapatkan jawabnya, adinda beranikan diri untuk menanyakan pada kakanda. Demikian surat dari adinda.

Salam sayang.

Tangerang Selatan, 
Rabu Pahing, 10 Agustus 2016

Dari juniormu di Kagama

(Sumber: Status Facebook Arief Prihantoro)

Wednesday, August 10, 2016 - 21:00
Kategori Rubrik: